Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Registrasi Kartu Axis Baru, Lama dan Cara UNREG

Memiliki kartu SIM saat ini sudah menjadi kebutuhan karena hampir setiap orang memiliki handphone. Axis sebagai salah satu operator seluler sudah memiliki banyak pengguna. Bagi yang menggunakan Axis, maka penting mengetahui cara registrasi Axis yang mudah dan cepat.

Cara Registrasi Kartu Axis Baru, Lama, Cek Status dan UNREG

Cara registrasi kartu Axis ini perlu diketahui jika Anda ingin mengaktifkan dan menggunakannya. Sebab, tanpa registrasi kartu SIM Axis tidak akan bisa digunakan dan Anda pun tidak bisa menikmati layanannya.

Sebetulnya cara registrasi Axis dan unreg sama seperti cara registrasi kartu XL. Jika anda sebelumnya juga pernah menggunakan kartu XL, pasti sudah tidak asing lagi dengan caranya. Namun, bagi yang tidak mengetahuinya sebaiknya simak penjelasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Operator Axis

Axis adalah layanan operator seluler atau biasa juga disebut sebagai kartu SIM. Saat ini Axis sudah bergabung dengan XL Axiata yang juga merupakan operator seluler. Adapun Axis pertama kali dimunculkan atau dirilis pada tahun 2008.

Karena Axis saat ini sudah menjadi bagian dari XL, maka tak heran jika keduanya sering memberikan promo gratis nelpon ke dua nomor seluler tersebut. Saat ini Axis menawarkan berbagai jaringan di Indonesia mulai dari 2G, 3G serta 4G.

Untuk diketahui saat ini Axis juga sudah bisa diakses hingga 80% di Indonesia yang meliputi lebih dari 400 kota. Wilayah yang dicakup oleh akses meliputi Sumatera Jawa Kalimantan Bali dan Lombok.

3 Cara Registrasi Kartu Axis Baru

Bagaimana cara registrasi Axis dan unreg? Sebetulnya caranya sangat mudah dan hampir sama saja seperti registrasi menggunakan operator seluler lainnya. Hal yang perlu di siapkan yakni NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di e-KTP, serta Nomor KK (Kartu Keluarga). Bagaimana jika tidak punya KTP? tidak apa-apa cukup lihat NIK di Kartu Keluarga. Nah langsung saja berikut 3 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Registrasi Otomatis

Saat kita membeli kartu perdana Axis baru, kemudian sim card nya kita masukkan ke hp, lalu hp nya di hidupkan biasanya otomatis akan muncul pop-up yang meminta kita untuk registrasi terlebih dahulu. klik saja OK, kemudian kita akan diminta memasukkan NIK dan Nomor KK.

Pastikan nomor NIK dan KK yang kamu masukkan benar, lalu klik OK. Jika pendaftaran berhasil, maka anda akan diintruksikan untuk merestart hp. Setelah itu maka dinyatakan sukses registrasi kartu Axis dan anda sudah bisa menggunakan sebagaimana mestinya.

Jika anda sudah berhasil mendaftarkan kartu perdana Axis, barangkali anda membutuhkan info cara cek nomor axis terbaru 2022.

2. Reg via SMS

Nah jika cara pertama tidak muncul pendaftaran secara otomatis, Maka anda bisa coba registrasi dengan mengunakan SMS. Caranya pun sangat mudah, berikut langkahnya:

  • Buka menu Pesan pada handphone Anda
  • Ketik pesan dengan format: DAFTAR#NIK#Nomor KK 
  • Contoh: DAFTAR#03212345678910#032987654321
  • Kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444
  • Tunggu hingga Axis mengirimkan konfirmasi atas keberhasilan registrasi kartu
  • Kartu siap digunakan untuk telepon, SMS, dan bisa didaftarkan paket internet.

Proses registrasi bisa saja gagal jika Anda mengirimkan data yang salah. Pihak Axis akan memverifikasi nomor KTP dan nomor KK yang Anda kirimkan. Jadi, sebaiknya masukan data yang sesuai dengan identitas Anda.

Jika Anda mendapatkan balasan pesan bahwa permintaan registrasi belum dapat diproses, maka Anda harus mengulang cara di atas. Namun, jika balasan pesannya mengatakan nomor KTP dan KK yang dimasukan salah artinya Anda harus lebih teliti ketika memasukan data.

3. REG via Axis Center

Cara ke 3 ini bisa di jadikan alternatif jika anda kesulitan atau gagal mendaftarkan kartu XL dengan 2 metode diatas. Silahkan kunjungi Axis atau XL center terdekat. Apakah bisa ke XL center? tentu bisa, karena Axis sudah bergabung dengan XL.

Silahkan kunjungi XL/Axis center dengan membawa E-KTP dan NIK. Jika tidak ada e-KTP cukup membawa Kartu Keluarga juga bisa karena disana terdapat NIK anda.

Cara Registrasi Axis Bagi Pengguna Lama

Nah bagi pelanggan lama kartu Axis, kamupun bisa meregistrasikan sim card Axis lama mu agar terdaftar sebagai pengguna sah. Caranya pun sangat mudah hanya sedikit perbedaan dibanding pelanggan baru. Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan:

1. Via SMS

Caranya sangatlah mudah:

  • Buka SMS
  • Ketik 4444 sebagai nomor tujuan
  • Lalu di SMS ketik dengan format: ULANG#NIK#No.KK
  • Sebagai contoh: ULANG#03212345678910#329876543210
  • Kemudian Kirim

Tunggu sesaat hingga muncul informasi mengenai pendaftaran berhasil.

Maka restart hp anda, kemudian kamu bisa langsung menggunakannya sebagaimana mestinya.

2. Axis dan XL Center

Selain via SMS, jika gagal regis, kamu pun bisa meminta bantuan petugas Axis dengan mendatangi langsung Grapari Axis / XL center yang ada disekitar lokasi anda. Tentunya dengan membawa KK dan KTP. Pastikan datang di jam kerja agar kamu bisa langsung dilayani. Untuk lokasinya bisa cek saja di Google dengan keyword "Axis Center Terdekat".

Cara Cek Status Registrasi Kartu Axis

Setelah anda melakukan serangkaian registrasi diatas, dan penasaran ingin membuktikan apakah benar sudah sukses terdaftar atau belum sim card Axis anda? Anda bisa mengeceknya dengan cara menghubungi *123*4444#

Penyebab Gagal Registrasi Kartu Axis Dan Solusinya

Dalam praktiknya terkadang ada saja kendala ketika mencoba meregistrasi, berikut beberapa hal bisa jadi penyebab dan bagaimana solusinya.

  • Format Registrasi Salah

Kemungkinan pertama penyebab gagal daftar kartu Axis yaitu format SMS salah atau kurang tepat. Pastikan sesuai cara dan contoh yang telah admin jelaskan diatas.

  • NIK dan No KK Salah

Kemungkinan kedua yang bisa menggagalkan proses pendaftaran yaitu salah mengisi NIK dan KK. Silahkan cek ulang sebelum kamu mengirimnya, pastikan semua benar tanpa salah atau terlewat 1 nomor pun.

  • NIK dan KK Sudah Terdaftar 3x

Sebagaimana perturan pemerintah mengenai pendafaran untuk menggunakan sim card adalah hanya 3 kartu saja. Ini ketentuan mutlak. Jadi jika anda sudah memiliki 3 kartu atau lupa sudah pernah mendaftarkannya sebanyak 3x, maka kamu harus meng-UNREG salah satunya terlebih dahulu sebelum Registrasi. Mengenai cara UNREG kartu Axis akan admin jelaskan dibawah.

  • Axis / XL Center

Jika dengan 3 cara diatas masih saja gagal meregis kartu XL, maka solusi terakhir adalah dengan mengunjungi XL atau Axis center didekat lokasi anda, dengan membawa simcard, KTP dan KK. Nanti petugas Axis disana akan membantu mendaftarkan kartu Axis kamu.

Cara UNREG Kartu Axis

Ketika sudah melakukan registrasi, Anda masih bisa membatalkannya dengan cara UNREG. Hal ini bisa dilakukan ketika anda ingin meregis kartu sim card lainnya dengan data NIK&KK yang sama. Selain itu juga bertujuan untuk melindungi data yang telah didaftarkan agar tak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara UNREG Kartu Axis Lewat SMS

  • Buka menu pesan di ponsel Anda
  • Ketik 4444 untuk nomor tujuan
  • Lalu di pesan ketik dengan format: UNREG#nomor telepon yang akan di unreg.
  • Kemudian Kirim.

Tunggu pesan konfirmasi dari Axis yang menyebutkan bahwa data Anda telah dihapus

+ Berapa lama masa tunggu unreg Axis? Anda hanya perlu menunggu selama beberapa menit saja hingga Axis mengirimkan pesan konfirmasi. Setidaknya pesan tersebut akan Anda terima paling lambat 1x24 jam.

+ Apa manfaatnya jika Anda melakukan UNREG? Data Anda yang sebelumnya sudah terdaftar akan dihapus. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan data. Ketika ponsel hilang, kartu Axis bisa saja dimanfaatkan penipu yang mengatasnamakan Anda.

Demikian uraian yang dapat admin sampaikan. Sebagai pengguna yang taat aturan, kita memang harus melakukan registrasi dengan data yang benar. Segala bentuk pemalsuan data bisa jadi akan bermasalah dikmudian hari.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Registrasi Kartu Axis Baru, Lama dan Cara UNREG"