Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Jika ingin membagikan lokasi Anda kepada seseorang melalui WhatsApp, Kita dapat menggunakan fitur Share Lokasi (sharelok WA). Fitur ini memungkinkan kita untuk berbagi lokasi secara real-time atau memilih tempat tertentu dengan teman atau keluarga Anda. Ada beberapa cara untuk menggunakan fitur Share location di WhatsApp, dan semuanya cukup mudah.

Salah satu cara untuk menggunakan fitur Share Lokasi di WhatsApp adalah dengan memilih tempat saat ini. Ini berarti bahwa WhatsApp akan mengirimkan posisi Anda saat ini kepada teman atau keluarga. Cara lain adalah dengan memilih tempat tertentu, seperti rumah atau kantor, dan kemudian membagikannya dengan orang yang diinginkan. Fitur ini juga memungkinkan kita untuk memilih lamanya waktu ingin berbagi lokasi Anda dengan orang lain.

Cara Share Lokasi di WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur Share Location yang memungkinkan kita membagikan lokasi dengan orang lain. Fitur ini sangat berguna jika ingin memberi tahu seseorang di mana Anda berada atau jika ingin menemukan seseorang yang sedang dalam perjalanan atau tempat tertentu.

Mengaktifkan Izin Lokasi

Untuk menggunakan fitur Share Location di WhatsApp, pastikan anda sudah mengaktifkan izin lokasi untuk WhatsApp di Setelan telepon, caranya yaitu:

Mengaktifkan Izin Lokasi.1

  • Tekan dan tahan pada aplikasi WA, sehingga muncul menu baru
  • Pilih "Info aplikasi"
  • Klik "Izin aplikasi"
Mengaktifkan Izin Lokasi.2
  • Pilih "lokasi"
  • Lalu pilih "izinkan hanya saat aplikasi digunakan" atau pilih "selalu tanya" (bebas pilih yang mana saja).

Setelah itu, Anda dapat membagikan lokasi saat ini dengan membuka chat dengan orang lain atau grup.

Langkah-langkah Share Lokasi Lewat WhatsApp

Mengirim Lokasi di WhatsApp juga memungkinkan kamu untuk berbagi posisi dengan orang lain. Untuk melakukannya pertama pastikan kamu sudah mengaktifkan fiture GPS/Lokasi di HP anda.

Nah jika sudah, selanjutnya:

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp
  • Buka chat WA dengan orang yang ingin di sharelok
  • Ketuk "ikon paperclip" di bagian bawah
  • Pilih menu "Lokasi"
  • Tekan pada opsi "Bagikan Lokasi Terkini" atau "Kirim lokasi Anda saat ini"

Perbedaannya:

Untuk opsi "bagikan lokasi terkini" adalah cara kamu berbagi lokasi sementara saja, disitu akan ada pilihan 15 menit, 1 jam dan 8 jam. Ketika Anda memilih salah satunya misal 1 jam maka jika sudah lebih dari 1 jam shareloknya akan hilang.

Sedangkan untuk pilihan "kirim lokasi Anda terkini" adalah cara anda membagikan posisi/tempat ditempat anda berada saat ini tanpa dibatasi waktu.

**Tips: Jika anda ingin sharelok dengan memilih opsi "Kirim lokasi Anda saat ini", agar lebih akurat, jangan langsung membagikannya saat itu karena tingkat akurasinya bisa cukup jauh dengan posisi anda berada, tapi tunggu beberapa detik hingga tertulis "akurat sampai 5 meter" (lebih dekat lebih baik). Jadi titik pointer hanya berjarak 5 meter saja. Sehingga mudah untuk menemukan posisi anda berada.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengaktifkan izin location, menu GPS serta berbagi lokasi dengan orang-orang yang kamu hubungi melalui WhatsApp. Pastikan kamu sudah mengaktifkan notifikasi WA agar semua pesan chat maupun gambar/video yang masuk bisa segera dilihat. Atau jika ingin menghilangkan centang biru di WA juga bisa. Banyak tips trik seputar WhatsApp sudah admin share di blog ini.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp"