Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Baru Instagram Notes, Cara Mengaktifkan dan Membuatnya

Instagram telah memperkenalkan fitur baru yang disebut Instagram Notes (Catatan), yang memungkinkan pengguna untuk membuat "status" maksimal 60 karakter dalam bentuk teks maupun emoticon yang bisa di share untuk semua follower IG anda maupun hanya ke beberapa akun yang anda tandai saja. Hal ini senada dengan yang dimiliki aplikasi Whatsapp.

Fitur Baru Instagram Notes

Sebuah fitur baru di IG yang disebut "Instagram Notes" kini telah tersedia untuk pengguna. Dilansir dari situs Meta, fitur ini memungkinkan pengguna IG untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh teman mereka dalam bentuk teks. Catatan IG berisi postingan singkat dengan maksimal 60 karakter yang bisa diisi dengan teks dan emoji.

Instagram Notes mungkin merupakan yang paling menarik karena menambahkan cara baru untuk berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan menggunakan teks. Meskipun konsep ini mirip dengan platform seperti Twitter, pengguna dapat menambahkan format berbeda untuk pembaruan sosial yang berbeda dari gambar dan video yang biasanya paling terkenal di IG.

Untuk meninggalkan catatan di Instagram Notes, pengguna dapat melihat bagian atas DM (Direct Messege) mereka. Di sana, mereka akan melihat bulatan foto profil teman mereka dengan keterangan teks dan emoji yang menempel pada foto tersebut. Pengguna dapat membaca teks tersebut, mengabaikannya, atau membalasnya. Meskipun formatnya berbeda dari feed real-time Twitter, Meta mengatakan bahwa penggunaan IG Notes bertujuan untuk meminta rekomendasi dari warganet IG.

Dengan fitur Instagram Notes ini, pengguna dapat dengan mudah berbagi pembaruan kecil dengan teman-teman mereka, meminta rekomendasi atau bahkan sekadar memberikan update tentang apa yang mereka lakukan. Catatan Instagram menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan orang lain di IG, dan dengan begitu, pengguna dapat merasakan pengalaman yang lebih menyenangkan saat menggunakan platform sosial media ini.

Untuk mengakses fitur Notes, pengguna perlu membuka Direct Messages (DM). Setelah membuat catatan, catatan tersebut hanya akan bertahan selama 24 jam, meskipun pengguna dapat menghapusnya dalam kurun waktu yang diinginkan.

Dengan peluncuran fitur baru ini, Instagram berharap dapat terus memperkuat ikatan antara penggunanya dan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam menggunakan platform ini. Bagi pengguna IG, fitur Notes dapat menjadi cara yang lebih santai dan mudah untuk terhubung dengan teman-teman dan keluarga mereka.

Cara Mengaktifkan Instagram Notes

Setelah anda mengetahui fitur terbaru terkait Instagram Notes ini, selanjutnya bagaimana sih mengaktifkan atau memunculkan catatan IG ini agar para follower dapat mudah melihatnya? caranya hanya satu, yaitu: Perbarui Aplikasi Instagram Anda. Pastikan bahwa aplikasi IG Anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Jika belum, kunjungi Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS) dan perbarui aplikasi Instagram Anda.

Cara Membuat Instagram Notes

Setelah memunculkan fitur Instagram Notes, yakni dengen mendownload versi terbaru, maka Anda dapat membuat catatan baru dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

cara membuat catatan instagram notes

  • Ketuk ikon "Home" di bagian bawah layar.
  • Pilih ikon "DM" di pojok kanan atas layar hp anda.
  • Lalu tap pada foto profil atau tanda Plus (+)
  • Mulai menulis atau mengetik catatan Anda.
  • Lalu tekan pada tulisan "Bagikan kepada..."
  • Nah silahkan pilih apakah untuk semua follower atau hanya orang tertentu saja.
  • Terakhir klik "Bagikan"di pojok kanan atas.
Selesai, bagaimana mudahkan?

Ask: Bagaimana cara membagikan catatan di IG?
Answer: Setelah kita membuat notes atau catatan, maka akan secara otomatis dibagikan ke teman/follower atau akun tertentu yang diawal sudah kita pilih

Cara Menghapus Notes (Catatan IG)

Jika Anda ingin membuat catatan baru atau menghapus catatan yang telah dibuat sebelumnya, Anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

cara menghapus dan membuat instagram Notes

  • Buka aplikasi IG
  • Tekan Home lalu Icon DM
  • Tekan pada bulatan foto profil / Catatan Anda
  • Kemudian pilih tinggalkan catatan baru (untuk memperbaharui notes) atau
  • hapus catatan (untuk menghapus notes Anda).

Cara Membalas Catatan Instagram Teman

Nah ketika anda melihat notes teman di IG dan ingin sekedar mengomentari atau membalasnya, anda bisa lakukan dengan mengikuti langkahnya di bawah ini:
cara membalas notes Instagram teman
  • Pertama tentunya buka aplikasi IG
  • Lalu klik menu Home lalu klik icon DM
  • Setelah itu klik pada catatan teman Anda yang ingin dikomentari/dibalas
  • Ketik pesan yang ingin anda sampaikan
  • Maka balasan dari anda akan masuk ke DM / inbox teman anda.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur IG Notes, Anda dapat meningkatkan eksisitas dalam menggunakan Instagram. Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang apa itu Instagram Notes dengan lengkap dan detail berdasarkan update terbaru. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat catatan, menghapus catatan, membalas catatan teman anda di IG. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat dengan mudah membagikan apa yang anda pikirkan, kerjakan, kejadian yang sedang terjadi atau apapun itu . Dalam era digital yang semakin berkembang, menggunakan fitur seperti Catatan Instagram dapat membantu Anda untuk lebih berkreasi. Selamat mencoba!

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fitur Baru Instagram Notes, Cara Mengaktifkan dan Membuatnya"