Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Nama dan Username di Instagram

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia, di mana jutaan orang berbagi momen berharga mereka dengan teman, keluarga, dan pengikut. Bagi pengguna Instagram, mengubah nama di profil mereka dapat menjadi hal yang penting untuk menyesuaikan diri dengan perubahan identitas atau hanya untuk menyegarkan tampilan profil mereka.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengubah nama dan username (nama pengguna) di Instagram berdasarkan update terbaru.

Perbedaan antara username dan nama Instagram

Setiap akun Instagram punya username masing-masing. Tapi nama Instagram itu opsional, loh. Nah, sebelum kamu ubah, ada perbedaan penting yang harus kamu tahu, nih.

Apa itu Nama di IG

Nama Instagrammu bisa dilihat orang di bawah foto profilmu atau di dekatnya kalau mereka lihat dari komputer. Kamu bisa pake hampir semua karakter di nama, lho.

Bedanya dengan username, nama nggak harus unik. Biasanya, banyak orang yang pakai kata-kata umum sebagai nama Instagram. Kalau ini blog pribadimu, kamu bisa pakai nama depan dan belakangmu yang asli. Kalau merek atau bisnis, biasanya pakai nama lengkap atau nama produknya.

Jadi, batasannya nggak terlalu ketat, kan? Meskipun begitu, kamu juga bisa ubah nama akun Instagram mu.

Apa itu Username (Nama Pengguna)

Username Instagram itu muncul di bagian atas halaman pengguna dan juga di samping komentar serta pesan mereka. Kamu bisa pake angka, huruf kecil, titik, atau garis bawah dalam username. Panjangnya maksimal 30 karakter. Selain itu, username juga jadi pegangan dan login Instagrammu. Jadi, username itu kayak alamat akunmu dan harus unik, ya.

Nggak gampang, sih, cari kata yang pendek, unik, dan masih tersedia karena keterbatasan karakternya. Makanya, platform ini ngasih kesempatan buat ubah username Instagram. Jadi, kalau kamu tiba-tiba kepikiran ide username yang lebih keren setelah daftar, bisa deh langsung diganti.

Cara mengubah nama dan username Instagram

Kamu bisa ubah nama dan username Instagram sesuka hati. Keduanya bisa diubah dengan cara yang sama, baik itu lewat ponsel atau komputer.

Mengubah Nama IG dari Ponsel

Biasanya orang pakai aplikasi di ponsel buat ubah nama akun atau username mereka di Instagram. Langkah-langkahnya simpel banget, kok.

Cara Mengubah Nama dan username di Instagram


  • Pastika kamu sudah mengupdate aplikasi IG mu
  • Buka halaman profil IG mu.
  • Ketuk tombol "Edit Profil".
  • Pilih kolom nama atau username.
  • Hapus username atau nama lama kamu, terus tulis yang baru.
  • Ketuk centang di bagian atas.

Kalau kamu juga mau mengubah username (nama pengguna) Instagram, buka lagi langkah 3 dan 4. Terus, ketuk centang di menu "Edit Profil" buat menyimpan perubahannya.

Mengubah Nama IG dari Komputer

Kalau dari komputer, gunakan browser web. Pertama, buka Instagram di browser dan login ke akunmu.

  • Klik foto profilmu di pojok kanan atas buat buka halaman profil.
  • Klik "Edit Profil".
  • Hapus nama lama kamu, terus tulis yang baru.
  • Scroll ke bawah, klik "Simpan".

Kalau mau lebih praktis, kamu juga bisa langsung masuk ke halaman pengeditan dengan klik foto profil mini kamu terus pilih "Pengaturan".

Cara yang sama juga bisa kamu lakukan di browser web versi mobile. Kalau misalnya nggak bisa buka aplikasi di ponsel karena alasan tertentu, bisa banget menggunakan browser di ponsel.

Bagaimana jika username Instagram yang kamu mau udah diambil orang

Emang nggak mudah banget bikin username yang cocok buat akun Instagrammu. Selain ada batasan-batasan lainnya, kemungkinan besar username yang kamu inginkan udah diambil sama orang lain.

Kita udah bilang kan kalau username Instagram harus unik. Jadi, kalau ada yang udah punya nama panggilan yang kamu mau, ya mau nggak mau harus cari alternatif lain. Atau kamu bisa ubah username Instagram awalmu dengan tetap menjaga ide utamanya: coba tambahin titik, angka, atau garis bawah. Solusi lainnya bisa juga dengan memperpendek kata-kata.

Misalnya, dari "sangkuriang" jadi "sangku.riang" atau "sangku_riang", "sangkuriang2023", atau pake bentuk nama lain seperti "sangsaka" atau "sangmerahputih".

Selalu cek apakah username yang kamu mau udah kosong dari waktu ke waktu. Orang yang udah ambil bisa aja sekarang udah pindah ke yang lain. Tapi ingat, username kosong itu nggak bisa diambil kurang dari 14 hari setelah pemilik terakhirnya ngubah. Jadi, ada kemungkinan kamu bisa dapetin lagi username yang udah kamu ganti selama 14 hari itu.

Di sini kita udah kasih tau cara mengatasi ketika username yang sempurna nggak tersedia. Juga ada saran tentang cara bikin username Instagram yang keren. Jadi, jangan khawatir, tetep ada solusinya, kan?

Gimana? Udah paham, kan? Sekarang kamu bisa ubah nama dan username Instagrammu dengan mudah. Ingat, jangan lupa tetap kreatif dalam memilih username yang mencerminkan dirimu. Selamat mencoba!

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Nama dan Username di Instagram"