Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Lagu di Instagram Story, Reels

Instagram telah menjadi platform sosial media yang sangat populer untuk berbagi momen-momen spesial dalam kehidupan kita. Salah satu fitur yang paling menarik adalah Instagram Story, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video singkat dengan teman-teman mereka. Namun, apakah kamu tahu bahwa kita sekarang dapat menambahkan musik ke dalam Instagram Story?

Dari saat pertama kali muncul, fitur Insta story di Instagram memang keren banget, ya! Makin banyak orang yang pakai IG dan semakin asyik bikin cerita yang unik setiap hari. Salah satu yang seru, kamu bisa tambahin musik atau lagu di Instastory dengan cara yang gampang. Terus hasilnya bisa kamu share ke orang lain. Ketahui juga cara melihat link akun instagram agar bisa di share.

Dengan tambahan musik di Insta story, pasti cerita IG kamu makin menarik. Kamu bisa tambahin musik favorit ke dalam cerita. Bagi yang belum tau, ini nih cara tambahin lagu di Instastory dan bisa di share ke orang lain. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menambahkan Lagu / Sound ke Instagram Story Secara Langsung

Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, Instagram udah ngehadirin fitur Instagram Music, di mana kamu bisa tambahin musik/lagu ke Insta story. Insta story (Snapgram) pada dasarnya merekam momen-momen keren dengan durasi singkat (hanya 3-60 detik). Jadi cara paling gampang buat tambahin lagu ke cerita kita adalah merekamnya sekaligus dengan momen yang mau kita rekam. Caranya gini, nih:

Cara Menambahkan Lagu di Instagram Story

  • Buka aplikasi Instagram dan pastiin kamu udah login ke akun Instagram kamu.
  • Di halaman utama, geser layar ke kanan buat mulai bikin Instastory di Instagram.
  • Rekam atau unggah video atau foto yang mau dijadiin story.
  • Selanjutnya, ketuk ikon stiker di sebelah atas layar.
  • Lalu pilih stiker dengan tulisan MUSIK
  • Nah disitu bakal terlihat daftar lagu yang bisa ditambahkan.
  • Pilih lagu yang menurutmu cocok buat cerita yang mau diunggah.
  • Kalo lagunya udah pas, kamu tinggal langsung unggah cerita dengan menekan "Post".
  • Lagu berhasil ditambahin di Instastory.

Bagaimana jika di aplikasi IG saya tidak ada fiture stiker musik tersebut? Pastikan kamu sudah meng-update Aplikasi Instagram mu dengan versi yang terbaru. Bisa melalui PlayStore maupun AppStore.

Cara ini emang belum tentu menghasilkan sound lagu yang kamu inginkan. Meskipun begitu, tetap boleh dicoba karena cara ini gampang banget dan seru.

Menambahkan Lagu di IG Story Lewat Hp Android

Kalo kamu pake hp Android, cara ini pasti bisa kamu lakuin dengan mudah. Pertama-tama, buka aplikasi pemutar lagu seperti Google Play Music atau aplikasi pemutar lagu lainnya.

Cari lagu yang mau kamu jadiin lagu di Insta Stories-mu. Terus tentuin juga bagian mana yang mau kamu tambahin lagunya.

Kalo udah, jedain dulu sebelum sampe ke bagian lagu yang kamu mau. Setelah itu, buka aplikasi Instagram dan tap ikon kamera di pojok kiri atas (buat buka menu Instastories).

Lewat bilah notifikasi, puter lagunya dengan tekan tombol play. Kalo lagunya udah dimainin, langsung aja rekam cerita seperti biasa dengan nge-tekan tombol kamera di bagian bawah.

Ceritanya bakal langsung keisi sama lagu yang kamu mainin secara otomatis.

Menambahkan Lagu di IG Story Lewat Hp iOs

Kalo kamu pake iPhone, cara menambahkan lagu ke Instagram secara langsung ini hampir mirip dengan cara di hp Android.

Bedanya, kamu nggak akan mainin lagunya lewat bilah notifikasi, tapi dengan memanfaatkan panel kontrol yang ada di iOS.

Caranya juga gampang banget, kamu tinggal swipe dengan tiga jari dari bawah saat kamu udah di layar perekaman Instastories.

Kalo udah muncul panel kontrolnya, langsung mainin lagunya dengan tombol play dan rekam cerita kayak biasa.

Menambahkan Lagu dengan Bantuan Editor Video

Tiga cara sebelumnya emang simpel, tapi biasanya kualitas suara yang dihasilkan nggak begitu bagus. Soalnya, smartphone kamu bakal muter dan merekam suara sekaligus. Buat mengatasi ini, kamu bisa manfaatin perangkat lain buat ngalangin prosesnya. Misalnya, kamu bisa pake tablet atau laptop buat muter lagunya.

Pastiin aja jarak perangkat tambahannya cukup dekat sama hp-mu, biar suaranya yang terekam jadi lebih jelas kedengerannya. Cara ini emang nggak bakal hasilin rekaman terbaik sih, tapi masih gampang banget buat dilakuin.

Cara Menambahkan Lagu ke Insta story dengan Aplikasi

Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga (third-party app), kita bisa tambahin lagu ke Instastory dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Suara yang dihasilkan bisa sama persis kayak yang kita dengerin kalo lagi diputer pake pemutar lagu. Bedanya, kamu perlu unduh aplikasi ini dulu sebelum mulai bereksperimen dengan ceritamu.

Menggunakan Aplikasi Capcut

Dengan aplikasi ini, kamu bisa bikin video dengan sentuhan sound yang lebih bervariasi. Rekam videonya pake hp atau lewat aplikasi Capcut ini, aplikasi ini kayaknya bakal jadi kayak merekam Instastories-mu.

Buat menambahkan lagunya, cukup tap menu Audio di bagian bawah, terus pilih suaranya. Nanti bakal muncul beberapa genre musik, pilih lagu yang kamu pengen. Kamu juga bisa atur volume dan bagian lagu mana yang mau dimainin.

Karena video sederhana ini bakal ditampilin di Instagram, pastiin aja durasinya nggak lebih dari 60 detik. Kalo proses editingnya udah selesai, cukup tekan tombol Save dan upload seperti biasa ke Instagram sebagai Instastories-mu.

Gampang banget kan?

Menggukan Aplikasi Sounds

Aplikasi ini emang secara jelas mengklaim diri sebagai penyedia lagu buat Instagram. Aplikasi ini bisa kamu pake di Android dan iOS, dan bisa bantu kamu nyari lagu favorit tanpa perlu unduh lagunya dulu.

Kalo udah nemu lagu favoritmu, cukup tekan tombol Share di bagian bawah dan tap ikon Instagram. Selain Instagram, kamu juga bisa share lagu favoritmu ke Facebook, Twitterdan Snapchat juga, lho!

Cara Membuat Story Instagram dengan Lagu

Ini adalah pembaruan terbaru dari Instagram, di mana pengguna dapat menyisipkan musik ke dalam Insta Stories mereka. Dengan ini, pengguna dapat membuat cerita dengan musik latar dengan mudah.

Cara menyisipkan musik ke dalam Stories juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke Stories dan mulai merekam video atau mengambil foto.

Pilih menu dengan ikon musik (berada di sebelah kiri layar), lalu pengguna tinggal memilih sesuai keinginan mereka.

Pengguna dapat memainkan musik secara keseluruhan atau memotongnya menjadi bagian tertentu, misalnya hanya bagian reff atau bagian lainnya.

Namun, fitur ini masih dirilis secara bertahap. Saat ini baru tersedia untuk perangkat berbasis iOS. Pengguna Android harus bersabar menunggu giliran.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menambahkan lagu ke Insta Stories dengan beberapa langkah mudah.

Nah, itulah beberapa cara menambahkan musik ke dalam cerita IG dengan langkah yang mudah. Kamu bisa menambahkan lagu ke cerita IG sesuai dengan keinginanmu. Jadi, ayo mulai bereksperimen dan tambahkan sentuhan musik yang keren ke cerita-ceritamu di Instagram!

Cara Menambahkan Lagu di Instagram Reels

Pemilik Instagram baru aja bilang kalo sekarang Instagram lebih banyak nampilin video ketimbang foto. Artinya, konten Reels lebih "kekinian" daripada foto-foto biasa. Nah, buat kamu yang mau nge-post Reels, penting banget bikin kontennya menarik. Kamu juga harus pinter-pinter banget manfaatin fitur-fitur yang ada di Instagram. Agar mereka tertarik dan mau dengan sukarela menyukai, komentar dan menyimpan kontenmu di IG. Maka perlu tau cara melihat postingan IG yang disukai.

Salah satu triknya adalah nambahin elemen musik. Kalo kamu tambahin musik, secara nggak langsung konten Reels kamu jadi lebih seru, menarik, dan bisa nunjukin berbagai emosi, tergantung dari kontennya sendiri.

Kamu juga bisa pilih lagu sesuai selera dan kebutuhan kontenmu. Musiknya bisa berupa instrumen tanpa lirik atau dari berbagai genre yang kamu suka. Kamu juga bisa pilih bagian-bagian tertentu dari lagu itu buat jadi musik latar (backsound). Penasaran gimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu.
  • Klik ikon plus (+) di bagian tengah bawah layar.
  • Geser ke opsi "Reels" buat upload kontenmu.
  • Pilih konten yang mau di-edit atau bisa langsung rekam konten baru.
  • Klik ikon "Musik" di pojok kanan atas.
  • Ketik judul lagu yang mau kamu pake.
  • Pilih bagian lagu yang kamu mau. Caranya, geser kotak putih di bawah sesuai dengan keinginanmu. Tapi tenang, Instagram kasih panduan titik-titik buat bagian lagu yang biasa dipake para kreator. Lihat gambar di atas buat contohnya.
  • Kalo udah, klik "Done" di pojok kanan atas.
  • Kalo kamu mau editan yang lebih detail, kamu bisa klik "Edit clips" lagi. Selain atur volume musik, kamu juga bisa atur durasi videonya.
  • Setelah itu, klik "Next" dua kali.
  • Kamu bakal diarahin ke halaman akhir sebelum kontenmu di-upload. Kalo perlu, tulis caption buat Reels-mu, trus pilih "Share".

Itu dia cara nge-post Reels dengan tambahan musik di Instagram. Semoga bermanfaat buat kamu yang lagi kreatif-kreatifan di platform ini. Jangan lupa, bikin konten yang asik ya!

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Lagu di Instagram Story, Reels"