Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah dan Praktis! Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) dengan Cepat dan Tanpa Ribet

Kartu 3 (tri) adalah salah satu operator seluler yang cukup populer di Indonesia. Untuk bisa menggunakan layanan dari operator ini, kamu perlu melakukan registrasi SIM Card terlebih dahulu. Registrasi kartu adalah proses yang wajib dilakukan oleh setiap pengguna operator seluler, guna memenuhi ketentuan peraturan yang berlaku. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap dan tuntas mengenai cara registrasi kartu 3.

Cara registrasi kartu 3 tri dan cek status

Persyaratan Untuk Registrasi Kartu Perdana Tri (3)

Sebagai salah satu penyedia layanan seluler, para pengguna sim card 3 wajib mengikuti peraturan pemerintah mengenai registrasi kartu. Setidaknya ada 2 syarat yang harus dipenuhi agar proses pendaftaran bisa berhasil:

1. KTP dan KK (Kartu Keluarga)

Persyaratan pertama untuk mendaftarkan sim card 3 adalah dengan melampirkan KTP dan KK (Kartu Keluarga). Pastikan informasi yang tertera pada dokumen tersebut sama dengan data yang akan diinputkan saat aktivasi. Untuk pelanggan yang masih di bawah umur, bisa menggunakan KTP orang tua atau wali sebagai pengganti.

2. Nomor Kartu 3 yang akan didaftarkan

Pastikan nomor kartu 3 yang akan didaftarkan sesuai dengan nomor kartu yang sedang digunakan. Jangan sampai terjadi kesalahan saat input nomor yang berakibat pemblokiran kartu.


4 Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) Gampang Banget!

Setelah persayaratan diatas kamu penuhi, selajutnya kita ke proses registrasi. Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan agar pendaftaran sim card perdana tri bisa berhasil.

1. Cara Registrasi 3 Melalui SMS

Aktivasi kartu 3 dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat (SMS) ke nomor 4444 dengan format sebagai berikut:

  • REG(#)NOMOR KTP(#)Nomor KK
  • Contoh: REG#1234567890123456#3219987654301

Setelah itu, kamu akan menerima SMS balasan dari operator yang berisi nomor yang di daftarkan dan status registrasi kartu kamu. Jika gagal, pastikan nomor KTP dan no KK yang kamu input sudah benar dan sesuai dengan data pribadi kamu.

2. Cara Registrasi 3 Melalui USSD

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mendaftarkan kartu 3 anda adalah dengan melelui kode USSD *4444#.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menekan *4444# pada ponsel Anda. Setelah itu, tekan tombol panggil. Maka akan muncul beberapa menu pilihan. Pilihlah menu registrasi untuk melakukan proses aktivasi sim card tri (3). Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi nomor KTP dan KK. Pastikan Anda mengisi data tersebut dengan benar dan sesuai dengan KTP Anda. Setelah mengisi data pribadi, maka sistem akan melakukan verifikasi data yang telah Anda masukkan. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan sesuai. Tunggu sebentar sampai proses aktivasi nomor dinyatakan berhasil.

3. Cara Registrasi 3 Melalui Website

cara registrasi kartu 3 lewat website

Selain melalui SMS dan USSD, kamu juga bisa melakukan aktivasi kartu tri melalui website resmi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka website https://registrasi.tri.co.id/daftar
  • Masukkan nomor KTP dan nomor KK
  • Masukkan nomor telepon yang akan diaktivasi
  • Klik "Minta kode rahasia" (maka akan masuk kode rahasia ke SMS
  • Lalu masukkan kode rahasia tersebut ke kolom yang di sediakan
  • Setelah itu lihat kode ICCID yang terdiri dari 20 angka. ICCID atau Integrated Circuit Card Identifier adalah sebuah kode yang tertulis di belakang kartu SIM anda. Masukkan kode ICCID hanya 4 digit terakhir saja.
  • Lalu klik di "i'm not robot"
  • Terakhir klik Kirim.

Setelah itu, kamu akan menerima SMS dari operator 3 yang berisi nomor reg dan status reg nomor sim card kamu.

4. Cara Registrasi 3 Melalui GraPARI

Jika kamu tidak bisa melakukan registrasi melalui SMS, USSD, atau website, kamu bisa datang langsung ke GraPARI atau Gerai provider tri (3) terdekat untuk melakukan aktivasi nomor. Berikut persyaratan yang harus kamu bawa:

  • Sim card 3 yang akan diaktivasi
  • KTP dan KK (asli dan fotokopi)
  • Perangkat ponsel
  • Sejumlah uang secukupnya
  • Kemudian anda akan diminta mengisi formulir dan menunjukkan persyaratan di atas, isi dengan benar, lalu tunggu sebentar hingga pihak customer service memberitahukan proses aktivasi berhasil.

Itulah beberapa cara registrasi kartu 3 yang bisa kamu lakukan. Ingatlah bahwa registrasi sim card adalah wajib dan sangat penting untuk melindungi data pribadi kamu serta memenuhi ketentuan peraturan yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat.

Setelah berhasil. Anda bisa melakukan cek kuota 3 agar anda bisa memastikan kuota data masih tersedia dan bisa tetap berselancar di internet.

Cara Cek Status Registrasi Kartu 3 (Tri)

Kartu SIM merupakan alat penting untuk mengakses layanan telekomunikasi. Namun, untuk menjaga keamanan pengguna dan meminimalisir penyalahgunaan, pemerintah mewajibkan setiap pengguna kartu SIM untuk melakukan registrasi. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi identitas pengguna sebelum mereka dapat menggunakan layanan telekomunikasi.

Jika Anda pengguna kartu Tri dan ingin mengetahui status registrasi nomor kartu Anda, berikut ini adalah cara mudah dan cepat untuk melakukan pengecekan di bawah ini, Sedangkan untuk mengecek nomor 3, anda bisa mengetahui caranya lewat artikel cara cek nomor 3 di website ini juga.

Melalui SMS

Cara termudah untuk mengecek status registrasi kartu Tri adalah melalui SMS. Caranya adalah dengan mengirimkan SMS caranya Ketik: STATUS. Kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444. Setelah itu, Anda akan menerima balasan SMS dari Tri yang berisi status aktivasi kartu Anda.

Melalui Website 3

Anda juga dapat mengecek statue registrasi nomor sim card Tri melalui website resmi.

  • Kunjungi situs web https://registrasi.tri.co.id/cekstatus
  • Kemudian masukkan nomor kartu Tri Anda serta nomor identitas KTP (NIK)
  • Setelah itu, klik tombol "Minta kode rahasia" maka kode OTP akan masuk ke SMS di ponsel anda
  • Lalu input kode OTP tersebut di kolom yang disediakan
  • Lalu centang pada "I'm not robot
  • Setelah itu tekan Kirim
  • Tunggu sebentar sampai proses aktivasi dinyatakan berhasil.

Itulah dua cara mudah dan cepat untuk mengecek status registrasi kartu Tri. Pastikan Anda selalu melakukan reg sim card untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan layanan telekomunikasi.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mudah dan Praktis! Cara Registrasi Kartu 3 (Tri) dengan Cepat dan Tanpa Ribet"