Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G Atau Belum

Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum? - Anda yang masuk kesini mungkin sudah mendengar atau mengetahui terkait info beberapa waktu lalu pihak Telkomsel mengumumkan akan mematikan jaringan 3G.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G Atau Belum

Tentu ini menyebabkan ke khawatiran bagi sebagian pelanggannya yang masih menggunakan kartu simcard lama yang masih 3G , terlebih bagi pengguna gadget / ponsel yang belum support 4G.

Ketentuan ini diambil sebagai bentuk peningkatan layanan agar jaringan 4G Telkomsel dapat lebih meluas dan merata hingga ke pelosok negeri.

Sebagaimana kita tahu, Telkomsel adalah penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia. Yang di klaim memiliki jaringan paling luas, kuat dan stabil. Tentu menginginkan pelayanan terbaik bagi pelanggan setianya.

Oleh sebab itu penting bagi kita mengetahui apakah kartu Telkomsel kita sudah 4G atau masih 3G? Nah untuk mengeceknya cukup dengan 1 langkah mudah yakni via USSD, bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya:

Cara cek kartu Telkomsel 4G lewat kode USSD

  • Tekan *888*47#
  • Lalu tekan panggil/call
  • Lalu pilih 1 (untuk Cek kartu)

Maka akan langsung muncul info mengenai status sim card mu apakah masih 3G atau sudah 4G. Nah bagaimana, mudah sekali bukan? :D

Cara Upgrade 3G ke 4G Kartu Telkomsel

Setelah anda mengecek dan mengetahui bahwa simcard anda masih 3G maka anda perlu meng-upgrade-nya ke 4G tanpa merubah 1 nomor pun, agar aktifitas online anda tetap berjalan lancar dan dapat menikmati fasilitas sinyal 4G yang lebih cepat dan stabil.

Untuk upgrade Telkomsel 3G ke 4G dapat anda lakukan dengan sangat mudah, cukup datang ke outlet GraPARI Telkomsel terdekat di kota anda pada jam kerja, dengan membawa sim card Telkomsel dan data diri seperti KTP serta foto copy Kartu Keluarga, selain itu bawa juga sejumlah uang secukupnya.

Sampaikan pada petugas bahwa anda ingin migrasi kartu 3G ke 4G, nantinya anda akan dipandu oleh customer service dengan sangat baik dan ramah sampai proses ke 4G selesai tanpa merubah 1 nomor pun.

Sebenarnya ada 2 cara lagi yang bisa anda lakukan untuk migrasi 3G ke 4G yakni lewat e-commerce seperti Tokped dan Shopee, selain itu bisa juga lewat website resmi telkomsel. Untuk pembahasan lengkap dan langkah-langkahnya sudah admin bahas di link => [artikel ini].

Bagaimana jika jaringan yang muncul kok masih 3G belum 4G?

Jika simcard T-sel sobat sudah migrasi dari 3G ke 4G, namun indikator jaringan pada layar ponselmu masih bertuliskan 3G atau H (HSDPA) atau 3,5G, maka ada 2 kemungkinan, pertama cek pengaturan jaringan, dan yang kedua ponselmu masih belum support 4G.

Cek Pengaturan Jaringan 3G atau 4G di Ponsel

cara mengecek dan memilih jaringan 4G dan 3G
  1. Buka menu Setting / Pengaturan di ponselmu,
  2. Lalu pilih Kartu SIM & data seluler
  3. Lalu pilih nomor kartu SIM mana kamu berlangganan internetnya. Disini saya memilih SIM 1.
  4. Lalu pilih Jenis jaringan yang disukai
  5. Nah silahkan pilih yang ada 4G (LTE) nya.

Note: Cara diatas admin terapkan pada ponsel Oppo F11, untuk merk dan type smartphone yang lain, sesuaikan dengan menu yang ada (umumnya masih seputar menu "jaringan atau data seluler).

Jika masalah karena smartphone mu belum support 4G, maka tidak ada yang bisa kamu lakukan selain mengganti ponselmu dengan versi terbaru yang sudah mendukung jaringan 4G.

Cara mengecek apakah ponselmu sudah mendukung 4G atau belum bisa menggunakan cara diatas, pada poin ke 5 nya, biasanya tidak ada tulisan 4G atau LTE nya.

Demikian semoga bermanfaat. Jika masih ada masalah lain dan belum menemukan solusinya, bisa langsung saja kunjungi GraPARI Telkomsel terdekat di kota anda.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G Atau Belum"