Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Secara Online dan Offline

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Secara Online dan Offline - Kini Telkomsel sudah support jaringan 4G berlaku untuk semua pelanggan setianya. Jadi bagi anda yang masih memiliki kartu dengan jaringan 3G bisa segera meng-ganti ke kartu 4G agar bisa menikmati pengalaman berkomunikasi dan internet yang lebih cepat dan stabil.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Telkomsel Online dan Offline GraPARI

Cara ganti kartu Telkomsel 3G ke 4G bisa dilakukan secara online yakni melalui e-commerce  seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan JD.id. Sedangkan jika via offline (dengan mengunjungi GraPARI terdekat di kota anda). Keduanya akan kami bahas secara lengkap di artikel ini.

Syarat Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Online

Bagi anda yang ingin ganti kartu 3G ke 4G secara online ada beberapa syarat yang perlu anda siapkan dan penuhi, yaitu:

 Ganti kartu secara online berlaku hanya untuk pelanggan Prabayar (Dulu bernama Simpati, AS dan Loop), dan kartu tidak melewati masa aktif atau sedang tidak berada di masa tenggang. Cara mengetahuinya [cek masa aktif kartu]

 Untuk pelanggan pascabayar yakni kartu Halo hanya bisa via offline (dengan mengunjungi GraPARI atau MyGraPARI terdekat di kota anda).

 Pastikan bahwa perangkat smartphone anda sudah support sinyal 4G Telkomsel, cara ceknya lewat USSD *888*47# kemudian pilih 2 (Cek Ponsel).

 Upgrade kartu ke 4G lewat online hanya berlaku bagi pengguna yang nomornya tidak terdaftar di layanan perbankan (internet-Banking atau M-Banking).

 Jika nomor anda sudah terdaftar di perbankan, maka penggantian kartu 3G ke 4G hanya bisa dilakukan dengan mengunjungi outlet GraPARI Telkomsel.

 Saat anda memutuskan mengganti kartu lama anda ke 4G via online shop maupun website Telkomsel ada biaya pembelian kartu SIM baru dan biaya pengiriman ke lokasi anda.

 Untuk via ecommerce pengiriman kartu akan dikirim oleh ekpedisi yang dipilih, sedangkan jika via website akan dikirim dari GraPARI terdekat dari lokasi anda.

Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Sebelum anda melakukan upgrade 3G ke 4G, sebaiknya cek dulu apakah kartu T-Sel anda masih berada di jaringan 3G atau sudah 4G? Nah berikut ini caranya:

  • Tekan *888*47# => lalu Panggil
  • Kemudian tekan angka 1 (untuk Cek Kartu) => Kirimkan
  • Maka akan langsung muncul pop-up yang menyatakan bahwa kartu anda sudah 4G atau belum.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G via Online & USSD

Ok selanjutnya admin akan menjelaskan secara rinci proses migrasi kartu ke 4G, ikuti step by stepnya agar berhasil.

⓵ Beli kartu Telkomsel 4G terlebih dahulu melalui e-commerce, Klik masing-masing ecommerce dibawah ini untuk menuju link pembelian secara langsung.

⓶ Setelah anda membeli dan kartu sim 4G sudah anda terima, selanjutnya dapatkan token/pin dari kartu yang lama, caranya:

  • Masih dengan kartu sim yang lama, tekan *888*46# => lalu panggil
  • Lalu pilih menu 1
  • Masukkan nomor telepon anda, lalu tekan Ya
  • Maka anda akan mendapatkan PIN/token (hapalkan/di catat).
Nah token sudah didapat, langkah selanjutnya masukkan kartu 4G yang sudah anda beli. Lalu:
  • Tekan *888*46#
  • Tekan angka 2, lalu pilih Ya.
  • Lalu masukkan nomor telepon anda
  • Lalu masukkan token, lalu pilih Ya.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses migrasi selesai, maka anda akan mendapatkan kofirmasi dari operator bahwa penggantian kartu T-Sel dari 3G ke 4G telah berhasil.
  • Terakhir restart ponsel anda agar proses migrasi berjalan mulus.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Online via Website Telkomsel

Nah untuk cara kedua ini lewat situs resmi Telkomsel. Baik pelanggan Prabayar maupun Halo bisa menggunakan metode ini, yakni dengan syarat untuk kartu Halo harus sudah terlunasi billing-nya, sedangkan tuk pelanggan Prabayar kartu masih aktif (tidak dalam masa tenggang).

Baiklah langsung saja ini langkah-langkahnya:

  • Buka website Telkomsel di [link ini].
  • Kemudian masukkan nomor ponsel dan alamat email pada kolom yang tersedia.
  • Lalu klik lanjutkan
  • Langkah selanjutnya anda akan diminta memasukkan foto diri (selfie) sambil memegang e-KTP sesuai intruksi yang tertera.
  • Dan ikuti terus tahapan yang diintruksikan hingga akhir.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Secara Offline (GraPARI)

Nah bagi anda yang memiliki waktu luang bisa langsung saja mengunjungi GraPARI Telkomsel terdekat di kota anda. Jangan lupa untuk membawa kartu tanda pengenal sepeti KTP / SIM (asli dan foto copy) serta Kartu keluarga (foto copy), + uang secukupnya.

Mengenai persyaratan yang diperlukan untuk lebih memastikan anda bisa mencoba menghubungi customer service Telkomsel di nomor 188 atau telp dimasing-masing outlet GraPARI terdekat di lokasi anda.

Nah untuk tahapan-tahapan dalam mengurus upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel di GraPARI adalah sebagai berikut:

Kunjungi GraPARI di jam operasional (umumnya di jam 9.00 - 14.00 wib)

Sampaikan ke petugas bahwa anda ingin upgrade kartu ke 4G, lalu anda akan diberi nomor antrian.

Ketika sudah di panggil, anda akan diminta mengisi form yang berikan petugas.

Jika sudah, maka anda akan diminta menunggu sampai proses migrasi 3G ke 4G selesai dan anda akan langsung diberi kartu sim baru namun dengan nomor ponsel yang sama.

Dan anda akan diminta untuk mengetes apakah sudah berjalan di jaringan 4G atau belum, dan pastikan settingan 4G di ponsel anda sudah diaktifkan. 

Selesai.

*Ada biaya untuk pembelian kartu baru +- Rp 10.000,- atau sesuai arahan petugas. Dan biasanya anda akan mendapatkan bonus kuota ketika berhasil upgrade ke jaringan 4G sesuai promo yang sedang berlangsung.

Demikian. semoga bermanfaat.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Secara Online dan Offline"