Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! 4 Cara Registrasi Smartfren Terbaru Lengkap

Sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Menkominfo nomor 12/2016 bahwa bagi seluruh pengguna provider manapun diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu. Bagi anda pengguna kartu Smartfren dalam artikel berikut akan kami bahas mengenai Cara Registrasi Smartfren yang mudah untuk kamu pahami.

Cara Registrasi Kartu Smartfren

Registrasi kartu smartfren merupakan sebuah proses pendaftaran dan pengaktifan kartu smartfren secara resmi. Dengan melakukan proses registrasi, anda akan dapat menikmati berbagai fitur dan layanan yang diberikan oleh kartu smartfren. Untuk kartu XL anda bisa membacanya => Disini

Oleh karena itu untuk kamu yang berencana menggunakan kartu smartfren, anda perlu untuk mengetahuii Cara Registrasi Smartfren dengan baik agar anda dapat menikmati berbagai layanan yang akan diberikan oleh kartu smartfren. 

Lengkap! Cara Registrasi Smartfren Offline dan Online

Hal pertama yang paling penting yakni anda perlu mempersiapkan NIK yang ada di KTP dan nomor KK (Kartu Keluarga). Karena wajib bagi warga negara Indonesia yang baik untuk mendaftarkan kartu selulernya menggunakan nomor KK dan e-KTP.

Ada beberapa cara registrasi smartfren yang dapat anda lakukan, yaitu bisa secara offline melalui SMS / pesan singkat, via online melalui website resmi smartfren dan aplikasi MySmartfren, bisa juga registrasi secara langsung melalui gerai resmi smartfren. Baiklah berikut ini akan admin terangkan semuanya.

1. Registrasi Smartfren via SMS

Cara registrasi kartu smartfren yang sangat kami rekomendasikan karena kemudahannya adalah registrasi melalui SMS. Kami merekomendasikan cara ini karena cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Berikut langkah-langkah registrasi secara offline melalui SMS:

  • Buka SMS
  • Masukkan nomor tujuan ke 4444
  • Kemudian ketik pesan dengan format NIK#Nomor KK#
  • Contoh: 12345432123454#32012345678987#
  • Kemudian Kirim

Maka tunggu notifikasi jika registrasi kartu anda telah berhasil.

Setelah kamu berhasil registrasi, penting untuk mengetahui cara mengecek nomor smartfren agar ketika kamu lupa atau keperluan mengisi pulsa atau kuota data bisa dengan mudah mengetahuinya, kami sudah membahasnya di => cek nomor smartfren.

2. Registrasi Smartfren Online (Website)

registrasi smartfren lewat website

Selanjutnya adalah registrasi online melalui website, cara registrasi melalui website resmi smartfren ini cukup mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah melakukan registrasi online melalui website:

  • Buka browser anda kemudian masuk link berikut https://mysf.id/reg
  • Selanjutnya masukkan data diri anda dengan benar, mulai dari no smartfren, NIK, no verifikasi, no KK, alamat email, dan nomor seluler lainnya yang dimiliki.
  • Kemudian jangan lupa centang kotak dengan bertuliskan "Saya telah membaca dan menyetujui seluruh S&K". dan juga masukkan kode captcha berupa angka.
  • Terakhir klik Lanjut.

Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi bahwa proses registrasi anda telah berhasil.

3. Registrasi Online (Aplikasi)

Proses registrasi online selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah bisa melalui aplikasi Mysmartfren. Berikut langkah-langkah untuk melakukan registrasi online melalui aplikasi My smartfren:

  • Unduh dan install aplikasi MySmartfren yang tersedia di playstore dan appstore yang bisa anda dapatkan secara gratis.
  • Setelah itu buka aplikasi dan pilih menu registrasi.
  • Selanjutnya masukkan data diri diantaranya nomor ponsel, NIK dan KK.
  • Setelah memastikan data diri yang anda masukkan benar, tekan "Lanjut". Jika berhasil, maka setelah itu akan muncul pesan "Selamat anda telah berhasil melakukan registrasi". 

4. Via Galeri Smartfren

Jika anda mengalami kesulitan dengan berbagai cara yang telah dijelaskan di atas, maka anda dapat mengunjungi gerai resmi smartfren terdekat di lokasi anda. Petugas gerai resmi smartfren akan membantu anda untuk meregistrasi kartu anda.

Setelah anda selesai melakukan seluruh proses registrasi, dan ingin memastikan kembali apakah kartu anda benar-benar sudah teregistrasi atau belum, anda dapat memastikannya dengan mengirim pesan “cek” ke nomor 4444. 

Cara Registrasi Ulang Kartu Smartfren (Untuk Pengguna Lama)

Nah bagi kamu pengguna kartu smartfren lama dan belum mendaftarkan kartumu, admin sarankan untuk segera me registrasikannya karena terkait dengan regulasi pemerintah, kemudahan layanan provider serta keamanan dari penyalahgunaan data oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Untuk melakukan REG ulang Smarfren sangatlah mudah, cukup dengan melalui SMS sebagai berikut:

  • Buka SMS
  • Atur tujuan pengiriman ke nomor 4444
  • Lalu di SMS ketik dengan format: ULANG#NIK#No.KK
  • Contoh: ULANG#32145678900987#32019876543211
  • Lalu Kirim

Tunggu sesaat hingga nomormu dinyatakan berhasil di daftar ulang.

Cek Status Registrasi Kartu Smartfren

Ketika anda sudah melakukan registrasi dan sudah dinyatakan berhasil oleh sistem, terkadang masih ada sedikit keraguan di hati apakah benar-benar sudah berhasil teregistrasi atau belum? Tenang, anda bisa mengecek status REG nya bisa dengan 2 cara.

1. Via USSD

  • Ketik *123*4444# Lalu klik Panggil/OK

2. Via SMS

  • Ketik di SMS: "CEK"
  • Kirim ke 4444

Tunggu sekejap sampai muncul notif/info mengenai status kartu anda.

Penyebab Gagal REG Smartfren

Ketika kamu sudah mencoba beberapa cara diatas untuk meregistrasikan kartu smartfren-mu dan ternyata selalu dinyatakan gagal. Ada beberap kemungkinan penyebabnya:

1. Salah NIK & No KK

NIK dan No KK terdiri dari 14 digit angka unik yang setiap orang berbeda. Menginputnya saat registrasi bisa saja terjadi kesalahan, coba cek ulang apakah sudah sesuai urutan atau belum? dan pastikan tidak ada yang terlewat 1 angka pun.

2. Salah Format SMS / USSD

Saat mencoba mendaftarkan kartu lewat SMS dan atau kode USSD, pasti menggunakan format yang sudah di atur otomatis oleh sistem. Pastikan lagi format yang digunakan seperti yang admin uraikan diatas. Perhatikan tanda pagar (#) yang sesuai dan tanpa (Spasi).

3. NIK & KK Sudah Limit

Sesuai peraturan pemerintah melalui menkominfo terkait kepemilikan kartu seluler, setiap warga hanya berhak memiliki max 3 nomor saja. Sehingga jika kamu ingin menambah 1 nomor lagi dengan data NIK & KK yang sama, maka salah satunya mesti di UNREG (Unregistration) di nonaktifkan, untuk caranya akan admin bawah ini.

Cara UNREG Kartu Smartfren

Terkadang kita merasa bosan dengan nomor smartfren yang sekarang, atau ada alasan lain seperti masalah sinyal, harga pulsa / paket yang mahal atau anda sudah punya 3 sim card dan ingin menambah 1 sim card lagi, maka salah salah satunya harus di UNREG.

Mengapa perlu di UNREG? Sebab sesuai aturan pemerintah setiap warga negara Indonesia hanya di perbolehkan memiliki maksimal 3 sim card saja. Maka penting untuk meng-UNREG kartu smartfren ini agar tidak di salah gunakan oleh orang lain. Caranya pun sangat mudah, ada 2 cara yang bisa kita lakukan:

1. UNREG Smartfren Lewat SMS

  • Buka SMS
  • Ketik 4444 (untuk tujuan pengiriman)
  • Lalu di SMS ketik: UNREG#Nomor Smartfren
  • Lalu Kirim

Tunggu hingga proses UNREG dinyatakan berhasil dan data NIK dan KK anda akan dihapus dari database sistem.

Setelah berhasil UNREG, barangkali anda membutuhkan info seputar provider lainnya, sudah admin jelaskan semua di website ini.

2. Galeri / Grapari Smartfren

Jika UNREG dengan cara sms tidak berhasil, maka anda perlu mendatangi Grapari Smartfren terdekat yang ada dilokasi anda untuk meminta bantuan customer care disana. Jangan lupa bawa KTP dan Nomor KK (untuk berjaga-jaga jika diminta oleh petugas disana untuk validasi data). Datanglah di hari dan jam kerja antara Senin - Jum'at pada Pkl 08.00 - 15.00 WIB

Mengenai peraturan dari Menkominfo tentang registrasi kartu yang telah disinggung tadi, registrasi kartu diperuntukan bagi seluruh pengguna provider. Baik bagi pengguna lama atau baru, karena akan ada banyak sekali manfaat yang akan anda peroleh setelah meregistrasi kartu anda.

Manfaat Registrasi Simcard

Ada beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika melakukan registrasi kartu smartfren, diantaranya sebagai berikut:

  • Terhindar dari penyalahgunaan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Mencegah terjadinya penipuan dengan mengunakan nomor pelanggan smartfren.
  • Mencegah terjadinya penyebaran konten negativ menggunakan nomor pelanggan smartfren.
  • Memudahkan pelanggan smartfren untuk menikmati berbagai layanan seperti transaksi, komunikasi dan internet.

Sekian beberapa penjelasan singkat tentang Cara Registrasi Smartfren dan beberapa manfaat yang akan anda peroleh jika melakukan registrasi kartu. Semoga dapat membantu.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Simak! 4 Cara Registrasi Smartfren Terbaru Lengkap"