Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Cek Nomor Smarfren Terbaru Mudah Banget

Sebagai salah satu penyedia jasa telekomunikasi yang cukup banyak penggunanya di Indonesia. Smartfren memiliki berbagai cara efektif untuk membantu penggunanya mengakses layanan mereka. Salah satunya adalah cara cek nomor smartfren. Pada artikel berikut kami akan menjelaskan secara singkat cara-cara mudah untuk mengecek nomor smartfren sendiri.

6 Cara Cek Nomor Smartfren Terbaru

Setelah sebelumnya membahas cara registrasi kartu smartfren, Agar bisa membeli pulsa maupun paket data tentu kita memerlukan nomor smartfren agar pengisian tidak nyasar ke orang lain. Sebenarnya jika hanya untuk mengisi pulsa tanpa tahu nomor sendiri juga bisa yakni dengan membeli dan memasukkan voucher pulsa smartfren.

Namun penggunaan voucher itu sendiri dirasa kurang begitu praktis. Nah oleh sebab itu bagi kamu yang suka lupa nomor ponsel sekarang tidak perlu khawatir lagi. Smartfren telah menyediakan berbagai cara yang dapat pilih untuk mengetahui nomor anda.

6 Cara Cek Nomor Smartfren Terbaru 2023

Dengan mengetahui beberapa cara terbaru di tahun 2023 berikut ini yang mudah dan efektif, anda tidak akan kebinggungan lagi jika sewaktu-waktu lupa lagi dengan nomor smartfren kamu. Berikut cara yang bisa digunakan:

1. Cek Nomor Smartfren Melalui SMS

Cara pertama untuk Cek Nomor Smartfren sendiri yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah dengan mengirim SMS ke nomor 955. Cara ini sangat efektif dan mudah untuk kita gunakan, karena kamu dapat menggunakan cara ini kapan saja dan dimana saja tanpa biaya sepeserpun.

Berikut langkah-langkah mengecek nomor smartfren menggunakan SMS:

  • Buka SMS
  • Ketik 955 (untuk nomor tujuan).
  • Di SMS ketik: "CEK" (tanpa tanda kutip)
  • Kemudian Kirim

Tunggu beberapa saat maka akan ada SMS balasan yang berisi tentang informasi seputar nomor smartfren anda.

2. Cek Nomor Smartfren Melalui Menu USSD (Dial Up)

Selain melalui SMS kamu pun dapat mengecek nomor smartfren sendiri melalui Dial Up atau yang biasa disebut menu USSD.  Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Telepon
  • Lalu ketik *995#
  • Selanjutnya tekan tombol Call/Panggil/OK

Tunggu sebentar, maka layar ponselmu akan menunjukkan informasi seputar kartu smartfren yang kamu gunakan, termasuk nomor kartu smartfren anda.

Setelah kamu mengetahui nomor smart sendiri, salah satu hal yang tak kalah penting yakni mengetahui pulsa dan kuota smartfren agar tidak sampai kehabisan disaat-saat penting. Namun jika sampai kehabisan kamu bisa mencoba layanan pinjam pulsa Axis dengan kata lain anda berhutang terlebih dahulu dan harus dilunasi di pengisian pulsa berikutnya.

3. Cek Nomor Smartfren Melalui WhatsApp

Tak banyak yang orang tau bahwa kita bisa mengecek nomor Smartfren sendiri melalui aplikasi WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Caranya pun sangat mudah dan simpel. Namun cara ini hanya bisa dilakukan ketika nomor smartfren mu terhubung dengan akun WhatsApp. Nah caranya adalah:

  • Buka WA
  • Tekan titik tiga vertikal di pojok kanan atas
  • Lalu pilih Setting (Setelan)
  • Lalu tekan di foto atau nama WA anda
  • Maka akan langsung terlihat nomor Smartfren anda.

4. Cek No Smart Lewat Telegram

Saat ini aplikasi yang biasa dipanggil Tele ini sedang di gandrungi oleh para kaula muda berkat hadirnya telegram bot. Sebagaimana WA, melalui apk Tele ini kita pun kita bisa cek no smartfren, caranya lebih simpel, yaitu:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Tekan Garis 3 horizontal (di pojok kiri atas)

Maka di bawah foto dan nama akun Telegram mu langsung tertera nomor smart mu.

5. Melalui Layanan Operator

Seperti halnya operator lain pada umumnya, smartfren juga menyediakan layanan call center yang berguna untuk memudahkan anda para pengguna setia kartu smartfren. 

Layanan call ceter ini dapat memberikan informasi lengkap mengenai kartu smartfren yang kamu miliki. Termasuk jika anda lupa nomor kartu smartfren. Berikut langkah-langkah menghubungi call center untuk membantumu menemukan nomor kartu smartfren anda:

  • Buka menu Telephone
  • Kemudian hubungi nomor 955 atau 500
  • Setelah itu anda akan dilayani oleh staf customer service smartfren. Kamu dapat menanyakan secara langsung keperluanmu kepada customer sevice di sana.

6. Menggunakan Aplikasi mySF.

Bagi anda yang senang menggunakan aplikasi My Smartfren untuk berbagai kebutuhan karena kepraktisan dan kenyamanannya, cara ini pas sekali untuk kamu. 

Dalam aplikasi mySF anda dapat mengecek nomor smartfren sendiri dengan mudah dan cepat. Berikut caranya:

  • Unduh dan install aplikasi mySF yang tersedia secara gratis di Playstore atau Appstore.
  • Setelah aplikasi My Smartfren terpasang dengan benar. Buka aplikasi tersebut dan isi semua data yang dibutuhkan dengan benar agar proses pendaftaran anda dapat terverifikasi dengan baik.
  • Setelah proses pendaftaran berhasil, maka nomor kamu langsung dapat terlihat di halaman beranda aplikasi tersebut.

Anda dapat menikmati berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi mySF. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk cek pulsa, kuota, beli paket data, nelepon, sms dan beragam promo smartfren lainnya.

Cek Nomor Smartfren Masih Aktif Atau Tidak?

Ketika sudah lama memiliki kartu smartfren dan sangat jarang sekali digunakan hingga timbul pertanyaan apakah nomor ini masih aktif atau tidak? Tenang untuk mengetahuinya sangatlah mudah, anda bisa melakukan cara berikut ini:

1. Hubungi Nomor Tersebut

Cara pertama yang paling simpel dan mudah yakni dengan menghubunginya. Cara ini bisa untuk cek nomor sendiri maupun orang lain. Cukup hubungi no smartfren tersebut jika terdengar bunyi tuuuuttt tuutttt yang cukup panjang itu tandanya masih aktif, sedangkan jika langsung muncul suara operator "maaf nomor tidak aktif" maka nomor tsb sudah tidak aktif.

2. Cek Masa Aktif (via USSD)

Cara kedua ini hanya bisa dilakukan untuk cek nomor smartfren sendiri melalui kode USSD, caranya adalah:

  • Buka menu telepon
  • Tekan *999# lalu Call/Panggil

Maka akan muncul info terkait nomor, pulsa hingga masa aktif kartu mu.

3. Cek Masa Aktif (via SMS)

Selain via USSD, untuk cek masa aktif bisa melalui SMS, caranya pun sangat simpel sederhana dan gratis tentunya.

  • Buka SMS
  • Ketik CEK
  • Tekan 999 untuk nomor tujuan pengiriman

Tunggu anda akan mendapat balasa SMS berupa sisa pulsa, dan masa aktif kartu anda.

4. Cek Icon Sinyal Bar

Terakhir cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengecek no smarftren masih aktif atau tidak adalah dengan melihat ikon sinyal yang ada di hp bagian atas. Jika sinyalnya masih terlihat bar 1 2 3 dst.. maka nomor smartfren tersebut masih aktif, sedangkan jika sinyal bar hilang atau ada tanda silang, maka ada 2 kemungkinan, nomor sudah tidak aktif, atau sedang diluar jangkauan sinyal. Maka memang cara yang tepat adalah mengacu pada 3 poin di awal yakni via hubungi nomor, cek ussd dan sms.

Selesai

Demikian beberapa cara cek nomor smartfren sendiri maupun orang lain, dan apakah masih aktif atau tidak yang bisa kami rekomendasikan. Smartfren telah menyediakan beberapa pilihan cara yang dapat digunakan dengan mudah dan nyaman. Anda dapat menentukan cara mana yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Cek Nomor Smarfren Terbaru Mudah Banget"