Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Kartu XL Baru, Ulang Serta Cara UNREG

Banyak yang masih kesulitan untuk cara registrasi kartu XL baru, lama serta cara Unreg XL dengan benar. Karena sejak tahun 2017 lalu Kominfo telah mewajibkan untuk pengguna kartu seluler melakukan registrasi menggunakan NIK dan No.KK.

Cara Registrasi XL Baru, Ulang dan UNREG

Setiap nomer NIK hanya boleh meregistrasi tidak lebih dari tiga nomor saja. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa lagi sembarangan mengganti nomor. Karena jika sudah ada tiga nomor terdaftar atas NIK Anda, otomatis percobaan mendaftar akan terus ditolak.

Pengguna yang sudah mendaftar lebih dari tiga nomor harus mengetahui cara melakukan registrasi & Unreg XL. Karena jika ingin mendaftarkan nomor baru lagi, Anda harus UNREG terlebih dahulu kartu sebelumnya yang sudah tidak terpakai.

Cara Registrasi Kartu XL Baru, Lama Serta Cara UNREG

Admin akan memberitahu tutorial mendaftar Kartu XL baru, registrasi ulang serta cara unreg kartu XL dengan sangat mudah. Yang perlu disiapkan hanya NIK dan juga No.KK. Berikut adalah tutorial mudah cara melakukan registrasi kartu XL untuk pengguna lama dan baru.

Update: Berkat kemajuan teknologi, kini XL sudah mendukung eSIM (elektronik SIM), yakni kita dapat mengaktifkan layanan seluler tanpa menggunakan kartu SIM fisik. Bagaimana prosesnya? Ketahui cara aktivasi dan menggunakan eSIM XL dengan mudah dan praktis.

Registrasi Kartu XL Baru

Untuk pengguna baru operator XL yang ingin melakukan registrasi kartu XL memang sangat mudah. Untuk registrasinya tidak ribet sama sekali caranya bisa dilakukan lewat SMS dan ke XL Center, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti.

1. Via SMS

  • Masukkan simcard XL baru anda ke HP dengan benar
  • Lalu buka menu SMS
  • Ketik SMS dengan format, DAFTAR#NIK#NOMOR KK
  • Contohnya: DAFTAR#329876543210#329876543210
  • Lalu kirim ke 4444

Tunggulah SMS balasan yang menyatakan Anda telah berhasil.

2. Via XL Center

Jika pendaftaran kartu XL dengan SMS gagal atau mengalami kendala lain, kami sarankan anda untuk mengunjungi XL Center terdekat di kota anda, cara mengetahui lokasinya silahkan buka Google dan ketikkan XL Center terdekat yang biasanya ada nomor kontaknya, silahkan hubungi terlebih dahulu untuk mengetahui jam operasional pelayanannya.

Dan jangan lupa tentunya dengan membawa KTP dan KK. Disana nanti anda akan dipandu langsung oleh pegawai XL untuk melakukan registrasi dan diberitahu penyebabn kegagalan dalam pendaftarannya.

Info tambahan yang tak kalah penting yakni ketahui juga cara cek nomor XL agar ketika nanti anda ditanya oleh orang lain berapa nomor mu atau ketika ingin membeli pulsa tentu kita mesti tahu nomor-XL kita. Dan untuk mengecek pulsanya sudah admin bahas di artikel ini.

Registrasi Ulang Kartu XL

Tidak hanya pengguna baru, semuanya juga diwajibkan untuk meregistrasi ulang kartunya. Karena hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan data, meningkatkan keamanan, dan masih banyak manfaat lainnya. Cara REG Ulang kartu XL bisa dilakukan 2 cara:

1. Via SMS

  • Buka menu SMS di HP
  • Ketik SMS dengan format, ULANG#NIK#NOMOR KK
  • Contohnya: ULANG#329876543210#329876543210
  • Lalu kirim ke 4444

Tunggu beberapa saat menunggu balasan SMS yang menyatakan Anda telah berhasil.

2. Kunjungi XL Center

Sama seperti daftar baru, untuk daftar ulang kartu XL pun bisa dilakukan di XL Center. Anda bisa berkunjung ke XL Center yang ada di wilayah anda dengan membawa tanda pengenal KTP dan KK. Maka anda akan dipandu oleh customer service XL agar pendaftaran ulang kartu XL anda berhasil.


Cara UNREG Kartu XL Mudah

Tidak hanya registrasi, untuk Anda yang ingin mengganti nomor juga tidak bisa sembarangan lagi. Anda diwajibkan untuk melakukan unregistrasi sim card secara benar. Berikut ini adalah tutorialnya:

1. UNREG via SMS

Siapkan hp anda, dan masukkan simcard yang ingin di UNREG.

  • Buka menu SMS, ketik format UNREG#NOHP#
  • Contoh: UNREG#087712345678#
  • Kirim ke 4444

Tunggu balasan yang menyatakan bahwa kartu XL anda berhasil di UNREG.

2. UNREG via XL Center

Jika cara unreg XL dengan SMS gagal atau anda ada kendala dengan simcard seperti kartu hilang atau kartu sudah kadaluarsa atau kartu rusak,patah dan kendala lainnya dan anda ingin meng-unreg kartu tersebut atau ingin mengganti kartu namun dengan nomor yang sama.

Silahkan datang langsung ke XL Center, cara mengetahui dimana lokasi XL center terdekat di lokasi anda, bisa coba searching di google dengan keyword "XL center terdekat". Biasanya langsung tampil lokasi XL center serta jalur Google Map yang mengarah kesana.

Sebelum berangkat pastikan membawa data diri seperti KTP dan KK, serta datang di jam kerja agar bisa dilayani oleh petugas disana.

Alasan Registrasi Selalu Gagal dan Cara Mengatasinya

Banyak orang mengeluh karena registrasi & Unreg XL selalu gagal padahal sudah mengikuti cara di atas. Tidak perlu khawatir berikut ini cara mengatasi pendaftaran yang selalu gagal agar langsung berhasil.

  • Cek ulang NIK dan No.KK

Seringkali pengguna kurang teliti dalam memasukkan NIK dan No. KK. Hal ini sering terjadi karena NIK dan No. KK memiliki kombinasi angka yang tidak sedikit, sehingga wajar banyak pengguna yang gagal karena salah memasukkan angka.

  • Cek Format SMS dengan Benar

Pastikan Anda tidak salah menggunakan format, karena ada dua format berbeda untuk pengguna baru dan lama. Pastikan Anda tidak keliru dan mengetikkan format yang benar. Anda dapat mengeceknya langsung di laman resmi operator XL atau web Kominfo.

  • Hubungi Call Center

Jika tetap tidak bisa juga, cara terakhir adalah menghubungi Call Center untuk mengetahui cara mengatasinya dan penyebab kenapa kartu pengguna tidak dapat melakukan pendaftaran. Hubungi call center XL dengan nomor 817 atau hubungi melalui sosial media officialnya.

Atau bisa langsung datang saja ke grapari XL center paling dekat di wilayah anda dengan membawa KK dan KTP, serta datanglah di jam kerja Pkl 08.00 - 14.00 wib.

Tujuan pemerintah mewajibkan seluruh pengguna untuk melakukan registrasi adalah baik di antaranya pendukung dari program ekonomi digital, menghindari penyalahgunaan data, dan meningkatkan keamanan. Oleh sebab itu semua pengguna wajib mengetahui cara registrasi & Unreg XL dengan benar.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Registrasi Kartu XL Baru, Ulang Serta Cara UNREG"