Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Cara Perpanjang SKCK Online 2022

Memperpanjang SKCK tepat waktu merupakan hal yang penting. Di masa pandemi seperti sekarang ini kita difasilitasi untuk membuatnya online. Untuk anda yang belum mengerti Cara Perpanjang SKCK Online, anda tidak perlu khawatir.

Dalam artikel kali ini admin akan membahas langkahnya dan juga persyaratan apa saja yang diperlukan. Oleh sebab itu penting untuk membaca artikel berikut ini sampai tuntas agar anda benar-benar mendapatkan informasi yang lengkap dan sesuai.

Syarat dan Cara Membuat dan Perpanjang SKCK Online

Apa yang dimaksud dengan SKCK?

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) merupakan sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian republik Indonesia (polri). Surat ini umumnya banyak digunakan untuk memenuhi sebuah persyaratan yang mewajibkan adanya catatan kepolisian tentang orang tersebut. Misalnya untuk melamar kerja.

Sesuai dengan undang-undang pemerintah Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polri merupakan lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan SKCK. 

Sementara itu peraturan yang mengatur untuk tata cara penerbitan SKCK diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia tentang tata cara penerbitan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Sebelum masa pandemi datang ke Indonesia, perpanjangan SKCK hanya bisa dilakukan secara offline atau datang langsung ke kantor kepolisian terdekat. 

Namun, di masa pandemi ini terutama setelah peraturan tentang PPKM di terapkan, masyarakat dapat mengajukan perpanjangan SKCK secara online untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Akan tetapi meskipun perpanjangan dapat diajukan secara online, untuk mencetak kartu SKCK masyarakat tetap harus mengambilnya ke kantor kepolisian terdekat.

Persyaratan Perpanjang SKCK Online

Sebelum ke pembahasan cara memperpanjang SKCK secara online, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, Agar tidak ada persyaratan yang kurang ketika mengurusnya sebaiknya perhatikan lah berikut ini:

  • Membawa lembar SKCK lama yang asli atau SKCK dengan legalisir dengan jangka waktu habis masa paling lambat selama 1 tahun.
  • Membawa fotocopy identitas bisa seperti KTP atau SIM.
  • Membawa fotocopy kartu keluarga.
  • Membawa fotocopy akta kelahiran atau tanda kenal lahir.
  • Membawa Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar.
  • Mengisi lembar formulir perpanjangan SKCK yang disediakan.

Cara Perpanjang SKCK Online

Setelah semua persyaratan telah anda siapkan, selanjutnya anda bisa melakukan perpanjangan SKCK secara online, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka browser Google / Mozilla anda bisa lewat hp atau laptop, kemudian kunjungi website resmi polri untuk memperpanjang SKCK di skck.polri.go.id
  • Selanjutnya lakukan registrasi, link pendaftaran ada di pojok kanan atas bertuliskan FORM.PENDAFTARAN. Silahkan isi formulir pendaftaran dan daftar pertanyaan secara lengkap, lalu dibagian bawah klik Lanjut
  • Lampirkan dokumen-dokumen persyaratan perpanjangan SKCK online.
  • Selanjutnya dapatkan barcode untuk mencetak SKCK anda.
  • Kemudian kunjungi kantor kepolisian terdekat dari rumah anda dengan membawa barcode beserta dokumen persyaratan untuk perpanjang SKCK. 
  • Setelah anda membayar biaya pengajuan SKCK, anda akan diberi nomor antrian untuk mencetak SKCK.
  • Selanjutnya anda tinggal menunggu SKCK anda dicetak.
  • Anda dapat meminta legalisir SKCK jika diperlukan.

Masa Berlaku SKCK

Apakah SKCK yang sudah dibuat ada masa berlakunya? Jawabannya YA. masa berlakunya 6 bulan sejak diterbitkan. Jadi jika telah lewat masa 6 bulan tersebut dan anda memerlukan kembali bisa memperpanjangnya.

Namun jika telah melawati masa 1 tahun, maka SKCK dinyatakan sudah kadaluarsa dan tidak bisa diperpanjang lagi, dalam artian pemohon harus membuat baru.

Apakah ada biaya untuk perpanjang SKCK?

Ya, untuk memperpanjang SKCK anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000,-. Biaya tersebut akan masuk ke dalam penerimaan Negara, bukan untuk kepolisian.

Selain berfungsi sebagai bukti catatan kepolisian seseorang, SKCK juga berfungsi memenuhi sebuah persyaratan yang umumnya berhubungan dengan pekerjaan seseorang. Selain itu juga berfungsi sebagai saranan pelaksaan tugas pokok polri untuk mengayomi masyarakat.

Jika setelah membaca artikel diatas anda masih merasa kesulitan, anda dapat menghubungi divisi humas polri untuk mendapatkan bantuan melalui layanan call center di 021-7398025. Selain itu anda juga dapat mengajukan bantuan melalui e-mail di skckonline@polri.go.id.

Demikian penjelasan singkat kami tentang Cara Perpanjang SKCK Online. Semoga dapat membantu.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Syarat dan Cara Perpanjang SKCK Online 2022"