Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Kartu Telkomsel 2021 + UNREG

Pasca di berlakukannya peraturan Menkominfo no.12 tahun 2016 perihal semua pelanggan kartu seluler wajib melakukan registrasi kartunya agar dapat terus digunakan.

Nah bagi anda pengguna kartu Telkomsel prabayar seperti SimPATI, Loop dan AS tak usah khawatir, admin akan memberitahukan cara registrasi kartu telkomsel terbaru 2021 dengan sangat mudah dan cepat.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Terbaru 2021

Telkomsel menjadi salah satu provider seluler terbesar tercatat sudah melayani 172 jt pelanggan pada 2020 kemarin dan akan terus meningkat seiring pemerataan jaringan dengan 75% BTS 3G/4G dari total BTS lebih dari 270 ribu titik di seluruh wilayah Indonesia.

Tak hanya di Indonesia saja, jaringan Telkomsel terhubung dengan 200 negara, melalui jaringan Roaming dengan bekerjasama sebanyak 574 mitra di hampir seluruh negara di dunia. Dengan begitu ketika anda melakukan perjalanan keluar negeri masih bisa menggunakan sim card Telkomsel anda.

Anak perusahaan PT Telkom ini tak hanya melayani operator seluler saja, namun juga memiliki layanan uang elektronik yaitu Link Aja, Telkomsel Flash yakni kuota data internet berbasis volume based yang dapat di akses 24jam non stop kapan pun dimanapun selama ada jaringan, dan yang paling baru yakni produk berupa modem Wifi internet Telkomsel Orbit.

Ini membuktikan keseriusan PT Telkom memberikan layanan kepada para pelanggan setianya. Ya, meskipun bukan yang termurah, setidaknya ia menjanjikan kualitas jaringan yang baik bahkan hingga ke pedesaan.

Mengenai registrasi / cara daftar kartu Telkomsel ada 2 poin yang perlu diketahui, apakah registrasi kartu baru atau registrasi ulang? sebab caranya sedikit berbeda. Namun keduanya akan admin bahas di bawah ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Baru

Bagi anda yang baru saja atau hendak membeli kartu perdana Telkomsel dan ingin mendaftarkan kartu Telkomsel sendiri ada 2 cara yang bisa anda lakukan yakni lewat SMS dan lewat USSD *444# agar nantinya sim card dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Nah untuk cara registrasi kartu Telkomsel baru agar lebih aman dan nyaman, registrasikan sim card Telkomsel anda sesuai ketentuan yang berlaku berdasarkan data kependudukan. Dengan menyiapkan NIK yaitu Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP, dan Nomor KK (Kartu Keluarga) yang keduanya sudah tercatat dan terdaftar di Dukcapil.

Cek NIK KTP dan Nomor KK
ilustrasi NIK dan No KK

Registrasi Lewat SMS

  • Siapkan NIK yang ada di KTP, dan juga Nomor KK (Kartu Keluarga)
  • Setelah itu pastikan sim card perdananya sudah terpasang dengan benar di ponsel anda.
  • Setelah itu ketikkan di SMS dengan format REG[spasi]NIK#Nomor KK#
  • Contoh: REG 3201234567890123#1234567893208765#
  • *Karena banyaknya angka, pastikan NIK dan No KK yang anda masukkan benar semua tidak ada yang salah 1 angka pun.
  • Lalu kirim ke no 4444

Setelah itu tunggu beberapa saat sampai mendapat balasan bahwa registrasi kartu telkomsel anda berhasil. Dengan demikian selesai proses pendaftarannya, silahkan di restart ponsel anda untuk lebih memastikan bahwa proses registrasi berjalan dengan lancar.

Setelah itu anda bisa langsung menggunakannya misal untuk mengecek nomor Telkomsel apakah sesuai dengan yang di kertas kartu perdana atau tidak?


Registrasi Lewat USSD *444#

Selain lewat SMS, cara mendaftar kartu Telkomsel bisa melalui panggilan kode USSD *444#, caranya pun sangatlah mudah, yaitu;

  • Siapkan KTP dan KK
  • Buka menu panggilan telepon, lalu ketik *444# >> lalu klik Panggil/OK
  • Setelah itu akan muncul beberapa option, karena kita ingin registrasi, maka ketik angka 1 >> lalu kirimkan.
  • Setelah itu anda diminta untuk mengisi 16 angka NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di KTP. Silahkan diisi pastikan tidak ada yang salah. lalu pilih Kirimkan.
  • Kemudian anda akan diminta mengisi nomor KK (Kartu Keluarga) >> lalu tekan Kirimkan.

Registrasi Kartu Telkomsel Baru Lewat 444

Tunggu beberapa saat sampai proses Registrasi berhasil.

Jika berhasil, selamat ya... selanjutnya anda bisa memakai simcard tersebut sesuai keinginan seperti cek pulsa dan kuota Telkomsel misalnya. 

Bagaimana jika gagal? Coba cek lagi mungkin ada angka NIK atau KK yang salah, silahkan diulang. Atau bisa jadi sudah mendaftarkan data diri anda sebanyak 3x di simcard / nomor yang berbeda, maka anda harus UNREG salah satunya. Cara UNREG-nya akan admin bahas di bawah.


Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Lama

Nah bagi anda pelanggan lama yang ingin registrasi ulang kartu Telkomsel sendiri, bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini. Sebenarnya caranya mudah, hampir sama dengan pengguna baru. Yang perlu di perhatikan agar proses registrasi lancar aman dan nyaman, pastikan sesuai ketentuan pemerintah berdasarkan data kependudukan yang berlaku. Nah untuk caranya adalah sebagai berikut:

Registrasi Ulang Lewat SMS

  • Siapkan KTP dan KK yang NIK dan Nomor Kartu Keluarganya sudah terdaftar di Dukcapil.
  • Buka SMS dan ketikkan dengan format: ULANG[spasi]NIK#No KK#
  • Contoh sms: ULANG 3124569815230902#1357986420101010#
  • *Karena banyaknya angka, pastikan NIK dan No KK yang anda masukkan benar semua tidak ada yang salah 1 angka pun.
  • Kemudian kirim ke 4444

Tunggu sebentar hingga ada notifikasi masuk terkait berhasil / tidaknya proses registrasi. Jika berhasil Alhamdulillah. Anda bisa langsung menggunakannya atau untuk lebih memastikan kartu berjalan dengan baik bisa di restart terlebih dahulu.


Cara Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel

Nah setelah anda melakukan pendaftaran sim card T-Sel, mungkin dalam hati ada pertanyaan apakah sudah benar-benar berhasil atau tidak ya? Apakah ada cara untuk mengecek apakah kartu sudah terdaftar atau sudah teregistrasi apa belum?

Sebenarnya jika anda melakukan pendaftaran menggunakan kode USSD pasti sudah melihat option cek status registrasi. Jika tidak, Baiklah disini akan langsung admin terangkan. Anda bisa mengecek status registrasi kartu dengan melalui kode USSD *444#, caranya adalah;

  • Di menu telepon, tekan *444# lalu tekan panggil/ok
  • Lalu karena disini kita akan cek status registrasi maka ketik angka 2 >> lalu tekan Kirimkan
  • Setelah itu anda diminta untuk mengisi 16 digit angka NIK yang ada di KTP

Cara Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel

Tunggu beberapa saat, bisa sebentar atau lama tergantung jaringan dan server dari Menkominfo, jika lama tidak ada jawaban, namun hp sudah bisa digunakan untuk Telp/sms kemungkinan besar anda berhasil.

Yups, itulah cara registrasi kartu Telkomsel baru dan lama serta cara mengeceknya. Sangat mudah banget ya. Jika anda butuh info cara transfer pulsa telkomsel admin sudah bahas di artikel tersebut.

Namun bagaimana jika gagal? coba periksa lagi barangkali ada angka yang salah, kurang / kelebihan. Silahkan di ulangi.

Atau bisa juga anda sudah pernah 3x mendaftarkan sim card seluler dengan data NIK dan KK yang sama, karena berdasar aturan pemerintah perorang hanya dibatasi memiliki 3 nomor saja. Maka anda harus meng-UNREG salah satu nomornya. Caranya akan admin share di bawah ini, sebelum itu apa sih manfaat dari Registrasi kartu sesuai data yang valid?


Manfaat Registrasi Kartu Telkomsel

Saat kita meregistrasi kartu Telkomsel sesuai dengan data kependudukan yang berlaku agar sesuai dengan ketentuan menkominfo. Di lansir dari website Telkomsel.com, Ada 2 manfaat yang kita peroleh yaitu:

  • Perlindungan Pelanggan: Konsumen akan diberikan perlindungan dari hal-hal yang merugikan konsumen dan penyalahgunaan data.
  • Kemudahan Layanan: Kemudahan dalam layanan bagi pelanggan kartu seluler misalnya digunakan untuk transaksi online dan atau ketika sim card bermasalah seperti kartu tidak aktif, tidak ada sinyal, dll silahkan datang ke Grapari akan mudah diselesaikan masalahnya karena kartu sudah teregistrasi sesuai ketentuan.


Cara UNREG Kartu Telkomsel

Apa yang dimaksud dengan UNREG? UNREG adalah singkatan dari Unregistration yaitu membatalkan registrasi yang sebelumnya pernah kita daftarkan.

Jika kita memiliki lebih dari 3 sim card seluler, sedangkan data NIK dan KK sudah digunakan 3x untuk meregistrasi kartu seluler, karena berdasar ketentuan dari pemerintah terkait regulasi Telekomunikasi bahwa setiap orang hanya diperbolehkan memiliki 3 sim card/ nomor seluler saja. Maka mau tidak mau kita mesti UNREG (Unregistration) salah satu sim card yang memang sudah jarang atau tidak terpakai lagi.

Untuk UNREG kartu Telkomsel ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

UNREG via *444#

Cara UNREG via *444# sangatlah mudah, caranya;

  • Buka menu telepon, lalu ketik *444# lalu klik panggil/OK
  • Lalu akan muncul pilihan menu, maka kita ketik angka 3 untuk UNREG
  • Setelah itu anda isikan nomor NIK yang ada di KTP >> lalu tekan Kirimkan

Cara UNREG Kartu Telkomsel lewat USSD 444

Tunggu sebentar sampai ada notifikasi bahwa kartu Telkomsel anda sudah berhasil di UNREG.


UNREG Lewat SMS

Cara ke-2 untuk UNREG kartu Telkomsel adalah bisa melalui SMS, caranya pun cukup mudah.

  • Pertama buka menu SMS, lalu ketik dengan format: UNREG [spasi] NIK (16 digit Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP)
  • Contoh: UNREG 3201234567891011 lalu kirim ke 4444

Tunggu beberapa saat hingga muncul balasan SMS bahwa nomor anda berhasil di Unregistration


Kesimpulan & Penutup

Dari uraian di atas tentang cara REG dan UNREG kartu Telkomsel terbaru 2021 ternyata sangat mudah ya melakukannya. Dan dapat disimpulkan bahwa penting bagi kita untuk mendaftarkan sim card seluler dengan berdasarkan data kependudukan yang sah yang mengacu pada peraturan pemerintah dalam hal ini Menkominfo agar mendapatkan manfaat berupa keamanan data dan kenyaman dalam pelayanan telekomunikasi.

Jika anda masih memiliki kendala mengenai kartu Telkomsel anda seperti susah / gagal terus registrasi,  hilang sinyal, sim card hilang, dibajak / kendala lainnya, maka anda bisa menghubungi di call center Telkomsel di nomor 188. Atau bisa juga via sosial media resmi Facebook Telkomsel, atau via Twitter @Telkomsel pastikan laman yang anda kunjungi sudah ada centang biru yang menandakan itu akun resmi dari Telkomsel.

Selain itu anda juga bisa langsung datang ke GRAPARI Telkomsel terdekat, untuk lokasi tepatnya anda bisa cek di Google.

Sekian semoga bermanfaat.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Registrasi Kartu Telkomsel 2021 + UNREG"