Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Samsung Semua Tipe seri

Jika Anda adalah pengguna HP Samsung, kemungkinan besar Anda ingin tahu cara screenshot di HP Samsung. Screenshot atau tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang sangat penting bagi banyak pengguna. Anda dapat menggunakan screenshot untuk menangkap gambar atau tampilan layar yang ingin Anda bagikan atau simpan.

Kecanggihan teknologi semakin membuat hidup lebih mudah, salah satunya dengan screenshot atau yang biasa disingkat dengan SS. Ya sebagai contoh dulu ketika kita ingin memberikan bukti pembayaran kepada orang lain, kita mesti memiliki kertas bukti pembayaran tsb.

cara screenshot samsung

Namun kini, dengan adanya fiture screenshot / gambar layar kita bisa dengan mudah menangkap gambar bukti pembayaran lewat smartphone android samsung yang kita miliki untuk kemudian bisa langsung dikirim ke orang lain.

Banyak sekali fungsi screenshot, selain untuk menangkap bukti pembayaran, juga bisa untuk SS hasil tugas sekolah, pekerjaan di kantor, men-screenshot percakapan WA, di sosmed, kata-kata bijak, meng-crop foto dan mengeditnya serta apapun itu yang berkaitan dengan apa yang tampil di layar smartphone Samsung Android anda.

Cara Screenshot Samsung Semua Tipe

Kalau sebelumnya admin sudah membahas 7 cara screenshot di laptop dan pc , maka pada pembahasan kali ini admin akan share cara screenshot di hp Samsung semua tipe, baik itu seri A s20 s21 a50 a51 a52 a70 s20 C J J2 Prime M S Note Z Fold serta Xcover. Seharusnya bisa menggunakan metode yang akan admin sehare di bawah ini.

Untuk cara screenshot samsung tanpa aplikasi ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan yaitu;

1. Tombol Power + Volume Bawah

Caranya tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan hingga terdengar suara cekrek dan layar berkedip. Atau jika di smartphone anda masih memiliki tombol home, bisa menggunakan tombol Home + Power tekan dan tahan secara bersamaan. Selesai maka hasil SS akan ada di galeri.

cara screenshot Samsung a50s
source: hargabelanja.com

Namun jika anda ingin mengeditnya, saat setelah bunyi cekrek tadi, akan muncul gambar minimize SS tsb, klik di gambar tersebut, maka akan muncul pilihan fiture editing seperti:

  • Scroll Capture: Untuk screenshot panjang melebihi layar ponsel
  • Crop: Untuk memotong bagian yang tidak diinginkan
  • Draw: Untuk mewarnai, memberi tulisan, garis, catatan dan sebagainya
  • Share: Untuk langsung mengirimnya ke sosmed, WA, Fb, email maupun via bluetooth dan sebagainya.


2. Swipe Layar

Jika cara screenshot hp Samsung menggunakan tombol terlalu biasa, dan anda ingin mencoba hal baru yakni dengan swipe layar, pertama tentunya anda harus mengaktifkan fiture Palm Swipe (sapuan telapak tangan) terlebih dahulu. Caranya:

Buka menu Pengaturan lalu pilih Fiture Lanjutan lalu pilih Gerakan dan Gestur. Kemudian aktifkan opsi Usapkan telapak tangan untuk mengambil (dengan di tandai toggel warna biru).

ss samsung menggunakan sapuan layar atau palm swipe

Dengan demikian anda bisa screenshot samsung menggunakan swipe layar, caranya sapukan kelima jari anda dari kanan layar hingga ke kiri (jangan kena layarnya, jadi agak sedikit mengambang). Jika proses Screenshot atau SS berhasil maka layar akan berkedip dan terdengar bunyi shutter (cekrek).


3. Menu Asisten

Cara ke 3 ini anda juga mesti mengaktifkan menu asissten atau menu Assistive Touch seperti di iPhone, caranya:

Buka menu Pengaturan lalu pilih Aksesibilitas lalu pilih Interaksi dan Kecekatan. Kemudian aktifkan menu Asisten (dengan di tandai toggel warna biru).

Setelah itu maka akan muncul menu icon kecil transparan di sebelah kanan layar. Nah untuk memulai SS, klik pada menu icon tersebut, kemudian klik Screenshot / Gambar layar. Selesai. 

Nah untuk melihat hasilnya silahkan buka galeri di ponsel anda.


4. S Pen

Screenshot samsung menggunakan S Pen
source: blackxperience.com

Perlu diketahui, cara ss 


Samsung menggunakan S Pen ini hanya bisa digunakan pada Samsung tipe Note mulai dari serie Note 3, 4, 5, 7, 8, 9 10 Note FE hingga yang terbaru saat ini Galaxy Note 20 ultra.

Cara SS samsung ini terbilang mudah dan fleksible karena kita tidak perlu men-screenshot keseluruhan layar, kita bisa capture bagian yang diperlukan saja, jadi tidak perlu lagi mengcrop bagian yang tidak diinginkan.

Nah untuk cara screenshot Samsung Menggunakan S Pen adalah;

  • Pertama tentunya ambil S Pen anda dan tentukan area mana saja yang ingin di capture
  • Kemudian klik icon Air Command
  • Maka akan muncul beberapa menu, nah klik pada menu Smart select.
  • Lalu dengan menggunakan S Pen tekan dan seret hingga berbentuk kotak untuk menandai area yang ingin anda SS.
  • Jika sudah sesuai, tekan icon save yang ada di pojok kanan bawah untuk menyimpan hasil capture, dan anda bisa melihat hasilnya di menu galeri smartphone anda.


Cara Screenshot Panjang Samsung

Setelah anda mengetahui cara screenshot samsung seperti biasa yakni keseluruhan tampilan layar, terkadang apa yang di tampilkan di layar ponsel anda tidak cukup.

Sebagai contoh anda ingin SS percakapan di WA namun ada bagian bawahnya yang belum ter-capture, dari pada membuat 2x bahkan 3x SS, lebih baik membuat screenshot panjang.  

Fiture screenshot panjang di Samsung ini sangatlah berguna dan lebih memudahkan. Lalu bagaimana caranya?

Pertama anda perlu mengaktifkan smart capture terlebih dahulu (di sebagian tipe samsung sudah otomatis aktif)

Jika ponsel anda belum mengaktifkannya, caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan >> Fiture Lanjutan >> kemudian aktifkan fiture Aktif Pintar.

Setelah itu, buka bagian yang ingin anda screenshot panjang, lakukan scree capture seperti biasa seperti pada poin 1-3 diatas. Sebagai contoh menggunakan poin pertama yakni SS pakai tombol power dan volume bawah.

Setelah itu akan muncul pop up menu baru di bagian bawah, klik pada menu Panah Kebawah, seperti gambar dibawah ini.

cara ss panjang samsung

Maka layar akan bergerak sendiri ke atas. Jika berhenti, dan area screenshot masih kurang, tekan lagi menu panah kebawah tsb sampai area capture yang anda inginkan.

Dan jika kelebihan, anda bisa mengeditnya menggunakan menu crop seperti di bawah ini.

cara edit screenshot panjang samsung

Nah setelah itu tekan menu Save untuk menyimpannya.

Selesai, maka hasilnya bisa anda lihat di folder galeri.

Yups... itulah tadi 5 alternatif cara screenshot Samsung semua tipe, jika salah satu tidak bisa, silahkan coba yang lainnya.

Jika suatu saat pihak Samsung ada fiture screenshot terbaru akan admin update di halaman ini. Demikian.

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Samsung Semua Tipe seri"