Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Cek Pulsa dan Kuota Telkomsel Terbaru 2023

Setelah sebelumnya admin membahas cara cek nomor Telkomsel, selanjutnya mungkin anda membutuhkan informasi cara cek pulsa dan kuota Telkomsel terbaru 2023 dengan cepat dan mudah baik itu untuk kartu SimPATI, Loop dan kartu AS.

Cara Cek Pulsa dan Kuota Telkomsel Simpati As dan Loop

Tak dipungkiri, di era mobile seperti saat ini, pulsa dan kuota internet menjadi sebuah kebutuhan yang penting, terlebih jika anda tinggal di perkotaan yang tingkat mobilitasnya tinggi, tentu membutuhkan pulsa serta kuota internet sebagai sarana komunikasi, berbagi data, aplikasi, foto, video dan sebagainya dengan keluarga, kerabat, teman, urusan kantor dan lain sebagainya.

Perihal pulsa, terkadang kita pun perlu pulsa biasa jika di daerah kita tidak ada sinyal internet atau kebetulan sedang tidak ada kuota internet. Tentu peran pulsa sangat diperlukan. Dengan mengetahui sisa pulsa Telkomsel kita jadi bisa memperkirakan apakah perlu beli pulsa lagi atau tidak. Dan dengan pulsa tersebut kita bisa beli kuota internet atau bisa juga untuk transfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel lainnya.

Untuk urusan internet, kita bisa saja menggunakan Wifi publik tapi hendaknya untuk aktifitas yang tidak privasi, Namun lain halnya jika kita menggunakannya untuk hal yang bersifat privasi seperti login internet banking, sharing data perusahaan dengan rekan kerja dan lain sebagainya, tentu akan sangat beresiko jika menggukan Wifi Publik karena khawatir data bisa bocor.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu bisa mengecek pulsa dan kuota Telkomsel dengan cepat dan mudah agar jangan sampai kita kehabisan pulsa dan kuota disaat-saat genting, karena itu bisa mengganggu aktifitas kita.

Karena ada 2 pembahasan, maka admin akan bagi menjadi 2 bagian, pertama cek pulsa telkomsel dan yang kedua cek kuota Telkomsel, baik itu untuk kartu SimPATI, AS dan Loop.

I. Cara Cek Pulsa Telkomsel

Untuk cek pulsa Telkomsel terbaru di tahun 2023 saat ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan;

I.1. Via USSD *888#

Cara cek pulsa Telkomsel yang pertama ini yakni melalui panggilan kode USSD *888#. Cara ini yang paling admin rekomendasikan karena selain mudah dan cepat, tentunya gratis anda tidak dikenakan biaya sepeserpun. Caranya adalah:

Cara Cek Pulsa Telkomsel Terbaru SimPATI AS dan Loop

  • Buka menu Panggilan / Call
  • Lalu Ketik *888#, lalu klik Panggil/Call (di tandai dengan gagang telepon)
  • Kemudian, tunggu sebentar, maka akan muncul pop-up Kiriman Petunjuk, Nah karena kita ingin cek pulsa maka lihat pilihan no 6. Cek Pulsa, Maka ketik angka 6, kemudian klik Kirimkan/send.
  • Maka akan langsung muncul info sisa pulsa Telkomsel anda dan penggunaan pulsa anda selama memakai layanan Telkomsel, selain itu tertera juga masa aktif kartu Telkomsel anda.
Dan untuk caranya cepatnya bisa langsung anda gunakan;
Kode USSD *888*6# lalu klik Kirimkan/Send

Note: Namun untuk cara cepat ini, terkadang ada update dari Telkomselnya sehingga susunan pilhan menu bisa berubah, jadi jika tidak bisa, silahkan balik ke cara awal *888# saja.

Saat cek pulsa biasanya juga terlihat masa aktifnya, jika masa aktif kartu Telkomsel anda sudah tidak lama lagi atau sudah dalam masa tenggang, sebaiknya segera membeli paket masa aktif Telkomsel, agar nomor tidak hangus.

Bagaimana jika tidak bisa cek pulsa Telkomsel di *888# ? Sepengalaman admin itu mungkin karena ada bug dari hp atau error di jaringan T-Sel, solusinya silahkan restart HP anda, kemudian cek ulang, biasanya itu berhasil.

Namun, jika masih gagal, bisa pakai cara kedua di bawah ini. 


I.2. Via WhatsApp

Selain lewat *888# yang terkadang tidak bisa, anda bisa cek pulsa telkomsel lewat WA (WhatsApp). Caranya pun mudah & sangat cepat. Kita hanya perlu menyimpan nomor WA Virtual Asisten Telkomsel, lalu mengirim chat ke nomor tersebut. Tak hanya diberitahu sisa pulsa saja, tapi ada rincian masa berlaku kartu hingga total kuota yang anda miliki saat itu. Layanan ini Gratis, syaratnya hanya 1, harus ada kuota internet untuk WA saja.

Penasaran caranya? Yuk kita coba;

  • Pertama simpan nomor WA Telkomsel terlebih dahulu, nomornya 0811-1111-1111 , di save terserah pakai nama apa saja bebas, disini admin pakai nama WA Cek Pulsa T-Sel.
  • Setelah di save, buka WA dan lakukan chat dengan WA T-Sel tersebut,  kirim chat bebas apa saja bisa Hai, Cek pulsa dll, disini saya chat "Hai" saja. lalu kirim.
  • Tak berapa lama langsung di jawab rincian masa berlaku, sisa pulsa dan total kuota yang kita miliki saat ini.
Cek Pulsa Telkomsel Via WhatsApp

Jika ingin cek layanan yang lain, anda bisa klik pada "menu", maka akan ada pilihan lain berupa isi pulsa, beli paket, tukar poin, ganti kartu dan jika anda ada keluhan lainnya bisa ditanyakan disitu dengan memilih bantuan lainnya.

Sudah beli voucher T-sel dan bingung cara mengaktifkannya agar terisi pulsa? Berikut cara memasukkan voucher T-sel ke hp.

I.3. Via Customer Care 188

Selain via WhatsApp , andapun bisa cek pulsa Telkomsel via customer care di nomor 188. Cara ini simpel dan gratis tentunya, hanya dengan menghubungi nomor 188 kemudian nanti akan ada robot customer care T-Sel yang berbicara, ikuti saja alur dan petunjuk yang diberikan dengan menekan angka pilihan sesuai yang diinginkan.

  • Pertama anda akan diminta untuk memilih bahasa inggris tekan 1. Jika anda ingin bahasa Indonesia, (abaikan saja jangan ditekan).
  • Lalu robot akan memberi option untuk cek pulsa tekan 1, Nah anda langsung tekan angka 1.
  • Tunggu sebentar, maka robot CS akan memberitahukan sisa pulsa dan masa berlaku kartu anda.

Selesai.

Namun terkadang cara diatas tidak bisa dilakukan mungkin disebabkan jaringan sedang sibuk atau ada gangguan sinyal. Solusinya silahkan restart smartphone anda, setelah itu coba cek ulang. Biasanya langsung bisa. Sedangkan, jika masih error, coba pakai cara ke-4 di bawah ini.

I.4. Via Aplikasi MyTelkomsel

Nah untuk cara ke 4 ini cek pulsa menggunakan aplikasi MyTelkomsel terbaru 2023, caranya pun sangat mudah banget, cukup buka aplikasi tsb maka akan langsung tertera pulsa Telkomsel anda.

Untuk mendapatkan aplikasinya, silahkan buka Playstore dan download Aplikasi MyTelkomsel disana. Setelah terinstal, anda diharuskan mendaftarkan nomor telkomsel anda terlebih dahulu. Baru setelah itu anda bisa melihat pulsa, nomor, dan kuota Telkomsel anda.

Cara Cek Pulsa Telkomsel Via Aplikasi MyTelkomsel

Nah bagaimana, mudahkan? sebenarnya masih ada metode lain yakni via Website Telkomsel dan Virtual Telkomsel, namun admin rasa cara tsb tidak praktis, harus daftar ini itu, ikuti langkah ini itu dll jadi tidak efisien.

Jadi, cukup dengan menggunakan 4 metode diatas yakni lewat kode *888# , lewat WA, via Telp 188 dan aplikasi MyTelkomsel seharusnya sudah bisa cek pulsa Simpati Loop, AS yang termasuk dalam produk Telkomsel dengan mudah, cepat, akurat dan efisien 😀

Memang, di website lain ada juga yang menyarankan menggunakan panggilan ke 888, namun setelah admin coba sepertinya sudah tidak bisa, mungkin sedang error, gangguan jaringan atau mungkin pihak Telkomsel sudah menutup akses tersebut.


Q & A

  • Berapa kode cek pulsa telkomsel? Tekan *888# lalu tekan Panggil/Call/OK atau bisa juga hubungi Customer Service di nomor 188
  • Berapa cek pulsa AS? Baik kartu AS, Loop maupun SimPATI karena masih termasuk provider Telkomsel bisa menggunakan kode USSD di nomor *888# atau hub CS T-Sel di no 188


II. Cara Cek Kuota Telkomsel

Nah untuk cek kuota Telkomsel terbaru 2023 ada 3 cara yang paling mudah dan cepat. Cara ini sudah admin test dan update agar info yang admin sampaikan benar-benar akurat. caranya yaitu;

II.1. Via Kode USSD *888#

Cara pertama ini sangat mudah bisa dilakukan meskipun tidak ada pulsa dan kuota internet dan tentunya gratis, caranya adalah;

  • Buka menu telepon, lalu ketik *888# >> klik Panggil / Call. Kemudian ketik angka 6 >> lalu klik Kirimkan / Send
  • Setelah itu ketik angka 2 lalu Kirimkan /Send >> Ketik angka 2 lalu klik Kirimkan /Send

Cara Cek Kuota Telkomsel 2021 SimPATI AS dan Loop Via USSD

  • Nah setelah itu akan muncul pop-up tulisan berisi "Cek SMS yg dikirim ke anda untuk info lebih lanjut". Nah silahkan cek notifikasi SMS masuk dari Telkomsel maka akan terlihat info sisa kuota yang anda miliki.

Cara Cek Kuota Telkomsel SimPATI AS dan Loop Via USSD Part2

Dan untuk cara cepatnya bisa anda gunakan;

Kode USSD *888*6*2*2# lalu klik Kirimkan/Send

Note: Namun untuk cara cepat ini, terkadang ada update dari Telkomselnya sehingga susunan pilhan menu bisa berubah, jadi jika tidak bisa, silahkan balik ke cara awal *888# saja.

II.2. Via SMS 3636

Untuk cara cek kuota Telkomsel lewat SMS di tahun 2023 juga cukup mudah, caranya adalah dengan mengirim SMS dengan format UL (spasi) INFO kemudian kirim ke 3636.

Maka akan muncul pop-up pemberitahuan bahwa layanan ini dikenakan tarif / tagihan klik saja Kirim. Setelah itu akan muncul notifikasi SMS yang berisi rincian kuota Telkomsel yang anda miliki.

Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS 2021 Terbaru

Oia menurut info diatas terkena tarif, namun ternyata pulsa admin tidak berkurang seperpun, lalu karena penasaran admin coba lagi, ternyata benar tetap tidak berkurang pulsanya. haha... 

Entahlah mungkin pihak Telkomsel telah merubah kebijakannya untuk mengratiskan layanan ini, atau pengaturan dari ponsel yang admin miliki memberi notif seperti itu (kebetulan admin memakai ponsel Oppo F11).

Jadi disimpulkan bahwa mengecek kuota Telkomsel lewat sms itu GRATIS.

III.3. Via Aplikasi MyTelkomsel

Nah untuk cara ke-3 ini lah yang menurut admin paling mudah dan simpel, karena kita hanya perlu menginstal aplikasi MyTelkomsel di Playstore dan mendaftarkan nomor Telkomsel kita. Baru setelah itu kita bisa lihat sisa kuota Telkomsel yang kita miliki.

Cara Cek Kuota Telkomsel Via Aplikasi MyTelkomsel


Kesimpulan

Dari uraian diatas, untuk mengecek pulsa dan kuota telkomsel yang termudah dan tercepat adalah menggunakan aplikasi MyTelkomsel karena hanya membuka aplikasi MyTelkomsel langsung terlihat sisa pulsa dan kuota nya. Namun cara ini hanya bisa dilakukan ketika ponsel anda masih bisa internetan. 

Sedangkan jika anda benar-benar tidak bisa mengakses internet, maka cara ke 1 via USSD dan ke 2 via SMS adalah yang paling tepat.

Bagaimana, mudahkan cek pulsa sekaligus kuota Telkomsel? Cara diatas bisa anda gunakan untuk cek pulsa dan kuota SimPATI, AS dan Loop.

Demikian semoga membantu. Thanks sudah mampir di Blog Bedapedia ini. 😉

Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "7 Cara Cek Pulsa dan Kuota Telkomsel Terbaru 2023"