Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan RNA dan DNA, Pengertian, Karakteristik dan Tabel

Perbedaan RNA dan DNA tidak begitu banyak, sebab keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. Dalam dunia biologis istilah tersebut memang tidak asing lagi. Sebab keduanya sering diteliti dan dilihat perkembangannya. Para peneliti akan mengupas secara tuntas RNA juga DNA sebuah organisme, makhluk hidup baik hewan atau manusia.

Perbedaan RNA dan DNA, Pengertian, Karakteristik dan Tabel

Hasil penelitian tersebut akan diproyeksikan sebagai penemuan yang mampu memberikan informasi penting. Terutama akan dikembangkan untuk menghasilkan gen terbaik pada makhluk hidup. Fungsi DNA yaitu sebagai penyimpanan informasi genetika dari manusia dengan jangka waktu lama atau panjang.

Keberadaanya juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi untuk membuat organisme maupun sel terbaru. Sementara fungsi RNA adalah untuk melakukan transfer kode genetik yang berasal dari inti sel menuju butiran sel telur. Di satu sisi lain, komponen ini juga sebagai pengendali protein dalam tubuh.

Pengertian RNA Serta DNA

Gambar Perbedaan RNA dan DNA
Jika Anda seorang peneliti biologi ataupun sains maka Anda perlu mengetahui pengertiannya. RNA atau Ribonucleic Acid merupakan molekul polimer dengan peran biologis seperti decode, mengkode, regulasi juga ekspresi gen. Molekul tersebut akan dirakit menjadi rantai nukleotida serta sering ditemukan pad alam dengan kondisi untai berpasangan.

Ribonucleic Acid tersebut menjadi hasil dari proses transkripsi fragmen DNA. Sehingga mempunyai polimer lebih kecil jika dibanding dengan DNA. Keberadaannya juga lebih sering ditemukan pada sitoplasma tepatnya pada ribosom. Simbol untuk menyatakan RNA berupa huruf G,U,A serta C.

Huruf tersebut mewakili nitrogen guanine, urasil, adenine serta sitosin. Sementara definisi DNA yaitu asam nukleat yang berperan dalam penyusunan gen pada inti sel atau sering disebut dengan Deoxyribonuccleid Acid. Keberadaan molekul ini sering dijumpai pada sitoplasma, plastid, mitokondria, klorolas dan sentrol.

Setiap makhluk hidup bisa dipastikan memilki informasi komponen tersebut dan nantinya akan diturunkan pada keturunannya. Deoxyribonuccleid Acid memiliki struktur yang terdiri dari molekul berurutan lengkap dengan dua pita panjang yang terpaut satu sama lain membentuk susunan heliks ganda.

Setiap molekul tersebut akan dibentuk dari polimer nukleotida dengan jumlah ratusan hingga ribuan. Disatu sisi lain, DNA juga tersusun dari ikatan rantai kimia yang menyambungkan gugus fosfat, gula, juga basa. Pada setiap makhluk hidup komponen ini sangat penting serta menjadi informasi berharga.

Karakteristik RNA Serta DNA

Untuk mengetahui perbedaan RNA dan DNA maka karakteristik kedua komponen tersebut perlu diketahui. RNA memiliki ciri/karakteristik sebagai berikut:
  • Molekul ini sering ditemukan pada beberapa tempat seperti nucleus dan sitoplasma tepatnya bagian ribosom.
  • Bentuknya sangat ringan dan membentuk sebuah rantai tunggal.
  • Kadar yang dijumpai pada molekul ini tidak tetap, sementara fungsinya sendiri yaitu sebagai sintesis protein.
  • Kandungan RNA terdiri dari purin yang dituliskan dengan lambang A, guanin atau G, primidin yang terdiri dari dua jenis yaitu Sitosin (S) dan Urasil (U).
  • Komponen gula yang digunakan pada Ribonucleic Acid ialah ribose.

Sedangkan untuk karakteristik DNA ialah sebagai berikut:
  • Memiliki beberapa sifat yang terdiri dari gugus fosfat, gula deoksiribosa serta basa nitrogen.
  • Fungsinya sendiri ialah sebagai pembawa informasi genetik dan juga pembuat protein.
  • Perannya sendiri yaitu untuk menduplikasi diri untuk bisa mewariskan sifat.
  • Bentuknya berupa gugus asam amino rantai ganda, lebih panjang dan berbentuk bulat.

Tabel Perbedaan RNA dan DNA

Setelah mengetahui pengertian dan karakteristik dari RNA dan DNA, selanjutnya akan admin jelaskan perbedaan RNA dan DNA dalam bentuk tabel berikut ini:

Pembeda RNA DNA
Ukuran Pendek Panjang
Bentuk Rantai pendek, tidak berpilin dan tunggal Rantai panjang, berpilin (double heliks) dan ganda
Letak Berada dalam nukleus, kloroplas, sitoplasma, mitokondria Berada dlm nukleus,kloroplas,mitokondria
Fungsi Mengendalikan sintesis protein Mengendalikan faktor keturunan serta sebagai bahan baku (materi genetik) untuk sintesis protein
Keberadaan Periode singkat, sebab mudah terurai Permanen
Kadar Berganti-ganti sesuai dengan jumlh sintesis protein yg diperlukan Tetap sama, tidak terpengaruh dengan aktivitas sintesis protein
Komponen Gula Ribosa Deoksiribosa
Jenis Basa Nitrogen Pirimidin (Sitosin dan Urasil) dan Purin (adenin dan guanin) Pirimidin (sitosin dan timin) dan Purin (adenin dan guanin) Gugus fosfat


Dunia sains memang erat kaitannya dengan penelitian, salah satunya ialah penelitian ribonucleic acid juga deoxyribonucleic acid. Informasi kedua komponen tersebut sangat berarti dan berguna dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu perbedaan RNA dan DNA penting untuk dipahami.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan RNA dan DNA, Pengertian, Karakteristik dan Tabel"

Berlangganan via Email