Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme - Pengertian dan Ciri-cirinya

Perbedaan kolonialisme dan imperialisme akan Anda pelajari saat belajar sejarah. Seperti diketahui jika Indonesia merupakan salah satu negara bekas jajahan Belanda dan Jepang. Negara tulip tersebut mengeksploitasi rakyat Indonesia lebih dari 3,5 abad. Sementara Jepang menindas Indonesia selama 3,5 tahun.

Perbedaan Kolonialisme dan imperialisme

Ketika berbicara tentang masa penjajahan maka erat kaitannya dengan kedua istilah tersebut. Bahkan ada negara yang didapuk sebagai negara kolonialisme yaitu Spanyol dan Inggris. Negara tersebut akan mengambil seluruh keuntungan dari negara yang mereka jajah baik dari segi sumber daya alam ataupun sumber daya manusia.

Kebutuhan akan SDA serta SDM yang tinggi untuk negara penjajah memang sangat tinggi. Sehingga mereka mati-matian untuk mendapatkannya dari negara lain. Dengan begitu mereka bisa membangun infrastruktur, politik serta ekonomi terbaik di dunia dalam rangka modernisasi dan demokrasi.

Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme

source: medium.com
Ketahui perbedaan kolonialisme dan imperialisme dari definisinya. Pertama pengertian kolonialisme atau sering disebut dengan penjajahan. Yaitu sebuah sistem yang memungkin suatu negara menguasai rakyat berikut sumber daya di dalamnya. Sebelum Indonesia merdeka negara-negara barat datang berbondong-bondong kemari.

Mereka ingin mendapatkan rempah-rempah asli dari sumbernya. Hingga semakin lama para penjajah ingin menguasi seluruh wilayah Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan juga kelautan. Definisi kolonialisme juga diungkap oleh Mudji Sutrisno. Menurutnya istilah tersebut muncul dari kata colonia yang berarti pemukiman.

Hingga bisa disimpulkan jika definisinya kolonialisme ialah suatu politik yang dijalankan tentang sebuah koloni dan menjadi bagian dari imperium. Sedangkan definisi imperialisme adalah politik yang ditegakkan dari keseluruhan imperium. Sebagai contoh negara Inggris, yang lebih banyak berkuasa sebab mereka telah menjajah wilayah Asia dan Afrika.

Anggapan yang dimiliki oleh Inggris saat melakukan penjajahan ialah ingin membangun negara yang dijajah agar lebih maju dan tidak tertinggal. Namun faktanya, di balik tujuan tersebut ia melakukan eksploitasi besar-besaran demi kepentingan kemajuan mereka sendiri hingga membuat rakyat menderita.

Pada awalnya tujuan dari imperialisme ialah untuk menyebarkan budaya barat, akan tetapi semakin lama negara tersebut ingin meningkatkan perekonomian mereka dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Ciri-Ciri Koloniaslime dan Imperialisme

Membedakan kedua istilah tersebut juga bisa dengan cara memahami ciri-cirinya. Karakteristik atau ciri kolonialisme ialah sebagai berikut:
  • Kegiatan eksploitasi sumber daya yang diadakan secara besar-besaran.
  • Bersikap kejam dan tidak berperi kemanusiaan terhadap negara jajahan.
  • Negara jajahan dijadikan sebagai sumber kekuatan disegala bidang terutama bidang ekonomi.
  • Membuang warga yang dianggap sebagai narapidana ke negara lain
.
Berikut Ciri dari imperialisme yang perlu diketahui :
  • Mempunyai misi utama untuk mencari wilayah yang menjadi penghasil sumber daya mentah.
  • Mencari daerah atau negara yang berpotensi sebagai tempat pemasaran.
  • Berusaha keras guna menemukan negara yang bisa digunakan untuk menamam modal.

Segala macam bentuk penjajahan dapat menyengsarakan rakyat sebuah negara. Oleh sebab itu Indonesia sendiri sangat mengecam penjajahan di muka bumi. Seperti yang tertuang pada pembukaan UUD 1945, sebab kegiatan tersebut sangat merugikan sekaligus tidak menghargai hak asasi manusia.

Pada saat Belanda menguras habis sumber daya Indonesia, ia juga menerapkan politik warna kulit. Hingga menimbulkan kasta yang menyatakan bahwa orang berkulit putih akan mendapatkan kedudukan tertinggi.

Selain itu, negara tersebut juga memanfaatkan seluruh SDA yang ada di Indonesia untuk memperkaya dirinya sendiri. Mempelajari sejarah bangsa dan negara sendiri merupakan suatu kewajiban setiap warga, salah satunya ialah dengan belajar tentang perbedaan kolonialisme dan imperialisme.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme - Pengertian dan Ciri-cirinya"

Berlangganan via Email