Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Hak Asasi Manusia dan Hak Warga Negara

Perbedaan hak asasi manusia dan hak warga negara wajib dipahami oleh setiap insan. Sebab setiap manusia yang lahir memiliki hak tersebut dan wajib untuk diberikan sepenuhnya. Jika ada orang yang mengusik hak yang ia miliki maka orang tersebut telah dianggap melakukan pelanggaran. Hingga mendapatkan konsekuensi berupa hukuman.

Perbedaan hak asasi manusi dan hak warga negara

Bahkan bisa dikatakan jika hak asasi manusia atau yang biasa disingkat HAM merupakan karunia yang diberikan oleh sang pencipta kepada makhluknya. Dalam bahasa Inggris istilah tersebut disebut dengan human rights sementara bahasa Perancis menyebutnya dengan droits de l’homme. Jika Anda mempelajari tentang ilmu kewarganegaraan maka isitilah tersebut termasuk didalamnya.

Tidak ada batasan untuk HAM di manapun, kapanpun serta kepada siapapun. Sehingga bisa dikatakan jika hal tersebut mempunyai sifat universal serta tidak dapat dicabut. HAM juga tidak dapat terbagi-bagi,saling berhubungan satu sama lain dan saling ketergantungan. Setiap negara memiliki kewajiban untuk mengemban dan menghormati hak warganya.


Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) dan Hak Warga Negara (HWN)

Untuk mengetahui secara tepat perbedaan HAM dan HWN maka lebih baik Anda memahami pengertiannya. Dimulai dari pengertian hak asasi manusia adalah sebuah konsep hukum dan menyatakan bahwa setiap manusia mempunyai hak asasi yang sama melekat pada dirinya.

Sementara pendapat lain yang dikemukakan oleh para ahli, seperti John Locke yaitu sebuah hak yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap manusia sebagai kodrat yang melekat erat. Sehingga tidak akan ada kekuatan yang bisa menghilangkan ataupun mencabutnya sebab sifatnya suci dan mendasar.

Pendapat lain juga disampaikan oleh Jan Materson, ia menyebutkan bahwa setiap manusia mempunyai hak dan tanpa mustahil tidak akan hidup tanpanya.

Sementara itu pengertian hak warna negara adalah sebuah kuasa yang dimiliki oleh seseorang guna melakukan dan menerima suatu hal di mana telah mendapatkan jaminan dari negara tersebut.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hak sebagai warga negara harus dijunjung tinggi secara adil dan merata. Selain itu, pengaturannya juga telah tercantum dalam undang-undang yang berlaku serta diakui keabsahannya. Dengan catatan warga tersebut juga harus menjalankan kewajibannya seperti yang telah ditetapkan.

Ciri-Ciri HAM dan HWN

Adapun beberapa ciri yang mewakili kedua jenis hak tersebut. Untuk ciri HAM meliputi beberapa hal berikut ini:
  • Hakiki
Manusia mempunyai hak sejak ia dilahirkan bahkan sejak dalam kandungan. Sehingga dianggap sebagai kodrat mutlak yang datang dari sang pencipta.

  • Universal
Dalam hal ini berarti keberadaanya berlaku secara menyeluruh untuk semua orang yang ada di dunia tanpa ada pengecualian.

  • Tetap
Sifatnya akan terus ada dan melekat pada diri manusia, keberadaanya tidak akan ada yang bisa mengambil ataupun mencabutnya sebab merupakan anugerah Tuhan.

  • Utuh
Ciri selanjutnya dari HAM yaitu bersifat utuh, bahwa hak asasi milik setiap manusia tidak bisa dibagi dengan orang lain. Setiap manusia mempunyai hak hidup, berpolitik mendapat pendidikan dan lainnya.

Adapun ciri dari hak warga negara yaitu meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Diberikan oleh negara
Setiap warga yang tinggal di negara tertentu maka ia mendapatkan jaminan hak yang akan diberikan oleh negara tersebut. Seperti berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak dan menggunakan fasilitas umum.

  • Bisa menuntut setelah menjalankan kewajiban
Sebagai warga negara yang baik, maka harus menjalankan kewajiban seperti kewajiban membayar pajak, menjaga ketertiban dan keamanan yang mengacu pada etika dan moral yang berlaku. Setelah melakukan kewajiban tersebut maka bisa menuntut haknya sebagai warga negara.

Contoh Perbedaan HAM dan HWN

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-cirinya, untuk lebih memahami makna dari perbedaan keduanya, dibawah ini akan kami sampaikan contoh hak asasi manusia dan hak warga negara dalam sebuah tabel.



Hak Asasi Manusia Hak Warga Negara
Hak untuk hidup dan mendapakan perlakuan yang sama Berhak mengemukakan pendapat baik lisan maupun tulisan (pasal 28)
Kebebasan dalam berfikir dan beragama Berhak untuk mengenyam pendidikan (pasal 31, ayat 1 dan 2)
Kebebasan bergerak dan berekspresi Berhak memilih dan menjalankan agama masing-masing (pasal 28 E ayat 1)
Hak mencari tempat yang aman dan privasi Berhak memiliki derajat yang sama dimata hukum (pasal 28 D ayat 1)
Hak untuk setara dihadapan hukum Berhak memilih perkerjaan dan penghidupan yang layak (pasal 27 ayat 2)
Hak tanpa diskriminasi dan perbudakan Berhak mendapat perlindungan hukum

Keterkaitan keduanya memang terlihat sangat mirip. Namun setelah memahami pengertian, ciri dan contoh dari HAM dan HWN, diharapkan Anda mengetahui perbedaan dari hak asasi manusia dan hak warga negara.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Hak Asasi Manusia dan Hak Warga Negara"

Berlangganan via Email