Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Etika dan Moral + Pengertian, Tujuan dan Ciri-cirinya

Perbedaan etika dan moral memang sangat penting untuk diketahui. Terlebih untuk para pelajar yang kini sedang belajar mata pelajaran PKN atau pendidikan kewarganegaraan. Dalam kehidupan sehari-hari kita memang tidak akan terlepas dari aturan serta sopan-santun. Seluruh sikap dan tindakan kita hendaknya diatur.

Perbedaan Etika dan Moral

Salah satu cara agar kita dipandang baik oleh setiap orang ialah dengan berperilaku terpuji. Seperti senang membantu orang lain, bergotong-royong, menaati peraturan dan lain sebagainya. Dengan begitu kita bisa menjadi pribadi yang baik, dan memiliki moral. Terlebih dalam kehidupan bermasyarakat yang selalu berinteraksi dengan orang lain.

Menciptakan citra diri menjadi salah satu hal terpenting, sebab jika Anda dipandang sebagai orang yang terpuji maka setiap orang bisa menghargai Anda. Akan tetapi jika perilaku Anda kurang baik maka akan dicibir oleh masyarakat bahkan diasingkan. Oleh sebab itu mengatur etika dan moral sangatlah penting dilakukan dalam kehidupan bangsa dan negara.

Pengertian Etika dan Moral

Untuk mengetahui perbedaan etika dan moral maka ketahui definisi keduanya. Pengertian etika adalah sekumpulan peraturan yang ada di masyarakat sebagai acuan untuk bersosialisasi antar warga dan lingkungan. Menjalin hubungan baik dengan seluruh warga maka harus memperhatikan etika dan kesopanan.

Sementara pengertian lain juga disampaikan oleh para ahli, seperti Aristotles yang menyatakan istilah tersebut berarti cara untuk mempelajari hubungan adat istiadat pada diri manusia serta mengetahui tata caranya. Sedangkan menurut Fagothey ialah studi yang mempelajari tentang kehendak yang terdapat pada diri manusia.

Pengertian lain juga disampaikan oleh Kattsoff, yaitu segala hal yang mempunyai hubungan dengan prinsip pada kehidupan manusia.

Selanjutnya pengertian moral adalah sebuah hukum perilaku yang wajib untuk dipatuhi dan diterapkan setiap orang dalam rangka bersosialisasi antar sesama agar terjalin rasa saling menghormati.

Pendapat lain juga menyatakan jika moral merupakan suatu tindakan ataupun perilaku yang dimiliki oleh seseorang untuk berinteraksi dengan manusia meliputi perkataan, perbuatan, dan juga perilaku. Selain itu juga ada kaitannya dengan budi pekerti, akhlak, mental serta pembentukan karakter pada diri seseorang.

Tujuan Memahami Etika dan Moral

Fungsi atau tujuan dari etika dan moral ialah untuk mewujudkan harkat dan martabat manusia secara manusiawi. Juga menjadi dorongan bagi setiap individu agar selalu bertindak penuh kebaikan juga menyadari segala kewajiban yang dibebankan kepada mereka.

Ciri-Ciri Etika dan Moral

Berikut ini ciri-ciri etika yang bisa Anda ketahui dengan jelas, yaitu sebagai berikut:

  • Berlaku tanpa harus disaksikan
Setiap orang harus selalu menerapkan meskipun tidak ada yang menyaksikan. Sebab berkaitan dengan hati nurani seseorang dan prinsip dasar hidup manusia.

  • Mutlak dan absolut
Mutlak memiliki makna jika etika berlaku di manapun, kapan saja dan untuk siapapun. Aturan tersebut tidak bisa ditawar dan tidak akan berubah.

  • Merupakan cara pandang batiniah
Secara umum sebagai seorang manusia yang memiliki batiniah, Anda akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu etika dapat memunculkan pergolakan dalam diri.

Sementara untuk ciri-ciri moral yaitu sebagai berikut:
  • Memberikan wawasan masa depan
Moral dapat membuka wawasan seseorang menjadi lebih luas, terutama berkaitan dengan masa depan mengenai sanksi sosial dan juga segala konsekuensi yang ada dikehidupan ini.

  • Memberikan landasan kesabaran
Menerapkannya akan membuat seseorang terlatih kesabarannya seperti mampu mengendalikan hawa nafsu sehingga tidak menjatuhkan martabatnya.

  • Membuat seseorang lebih bahagia
Menunaikan moral maka dapat menjamin kebahagian seseorang di mana ia akan merasa lebih tenang, tidak ada perasaan berdosa maupun konflik batin.

Untuk menjadi warga yang baik hendaknya kita selalu menjaga perilaku agar harkat dan martabat selalu terjaga. Cara untuk menjaga itu semua ialah dengan menerapkan serta mengetahui perbedaan etika dan moral.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Etika dan Moral + Pengertian, Tujuan dan Ciri-cirinya"