Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Data dan Informasi Beserta Contohnya

Perbedaan data dan informasi dapat kita ketahui dari pengertian keduanya, yang kebanyakan dari kita menganggapnya mirip atau bahkan sama dan sering terjadi salah kaprah oleh masyarakat. Terutama saat penyebutannya, merekan menganggap jika data juga termasuk informasi. Hal tersebut memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan, mengingat keduanya masih berkaitan.

Perbedaan Data dan Informasi Beserta Contohnya

Setiap informasi yang disampaikan oleh seseorang untuk orang lain maka bisa berisi data ataupun hal lainnya. Terutama untuk kegiatan penelitian yang akan menyajikan pertanyaan atau hipotesis yang belum jelas hasilnya. Untuk menemukan jawabannya maka diperlukan observasi.

Kemudian hasilnya akan diolah menjadi informasi berupa data sehingga mampu memberikan berita bermanfaat untuk orang lain. Penyajiannya bisa dalam bentuk angka, kalimat, tabel, diagram serta bentuk lainnya sesuai dengan tuntutan keterangan yang dikehendaki. Hal terpenting ialah keterangan mampu dipahami dan dibaca oleh orang lain.

Pengertian Data dan Informasi

Data adalah
information-age.com
Adapun pengertian dari data seperti yang disampaikan oleh para ahli. Salah satunya oleh Arikunto Suharsimi yang menyatakan jika pengertian data adalah seluruh fakta atau angka yang dijadikan sebagai sumber atau bahan untuk menyusun informasi penting.

Sementara menurut Slamet Riyadi yaitu sekumpulan keterangan yang didapatkan melalui pengamatan kemudian disajikan dengan angka ataupun lambang-lambang. Dari kedua pendapat tersebut bisa disimpulkan jika data merupakan suatu hasil pengamatan atau pengukuran yang disajikan dengan simbol, kata, angka atau yang lainnya.

Berdasarkan jenisnya, data bisa dibagi menjadi beberapa macam mulai dari data primer dan sekunder, internal-eksternal, kualitatif-kuantitatif, dan juga cross section-berkala.

Selanjutnya pengertian informasi adalah kumpulan data berserta fakta yang telah diolah serta diproses sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk para pembaca.

Adapun definisi dari data secara etimologis yang berasal dari bahasa Latin yaitu Informatinem dengan arti kode, ide, atau garis besar. Kemudian ditampilkan dalam bentuk tulisan, gambar, video, audio ataupun bentuk lainnya.

Fungsi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, bisa sebagai sumber pengetahuan dan juga media hiburan. Sebagaimana pengumpulan data dan informasi untuk penulisan sebuah buku, autobiografi, siaran berita dll.

Ciri-Ciri Data dan Informasi Secara Umum

informasi adalah
securitymagazine.com
Ciri-ciri data perlu Anda pahami dengan teliti yaitu sebagai berikut:
  • Berfungsi sebagai acuan
Data menjadi acuan atau dasar untuk mengambil keputusan dalam rangka memecahkan sebuah permasalahan.
  • Bertindak sebagai pedoman dasar
Sebuah penelitian sangat memerlukan pedoman berupa data untuk dikembangkan dan diteliti secara tuntas berdasarkan perencanaan yang matang.
  • Merupakan implementasi kegiatan
Sebuah kegiatan menjadi bentuk implementasi dari data-data yang disajikan, hingga kegiatan tersebut bisa berjalan sebagai mana mestinya.
  • Sumber evaluasi
Mengevaluasi suatu hal penting untuk dilakukan guna menilai apakah telah sesuai dengan perencanaan atau belum, untuk melakukannya tentu diperlukan dasar pertimbangan dari sekumpulan data yang ada.

Selain ciri di atas, untuk ciri-ciri informasi selanjutnya adalah sebagai berikut:
  • Akurat
Bermakna jika informasi yang disampaikan benar-benar sesuai dengan kejadian atau fakta sesungguhnya. Terlebih untuk kepentingan penelitian maka hasilnya harus mengacu pada tindakan pengujian yang dilakukan.
  • Tepat waktu
Informasi hendaknya tidak pernah terlambat disampaikan kepada orang yang membutuhkannya, sebab beberapa diantaranya mempunyai masa atau jangka waktu. Jika sudah terlewatkan maka bisa jadi informasi tersebut tidak dibutuhkan kembali.
  • Relevan
Setiap pembaca berhak mendapatkan informasi yang relevan, dengan kata lain harus sesuai dengan kebutuhan para pembaca. Selain itu juga didukung dengan kenyataan ataupun kejadian nyata.
  • Lengkap
Penyampaian informasi hendaknya secara lengkap, tidak terputus dan terus berkesinambungan tanpa melewatnya satu halpun. Sebab jika tidak lengkap dapat menyebabkan salah paham.

Contoh Data dan Informasi

Setelah mengetahui pegertian dan ciri-cirinya, selanjutnya akan kami jelaskan contoh dari data dan informasi dalam sebuah tabel dibawah ini:

Data Informasi
Kelas 6A yang mengikuti ujian semester berjumlah 30 siswa Diinformasikan pada seluruh siswa kelas 6A bahwa peringkat 1 diraih oleh Ani yang memang kesehariannya ia rajin belajar sehingga mampu mengisi soal ujian dengan baik dan menjadi juara kelas
Ani anak yang rajin belajar
Ani juara kelas

Dalam kehidupan sehari-hari keberadaan data juga informasi memang sangat dibutuhkan, sehingga manusia bisa menambah pengetahuan serta mengajarkan sesuatu. Agar Anda bisa mengerti dengan jelas maka perlu memahami perbedaan data dan informasi dengan benar.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Data dan Informasi Beserta Contohnya"

Berlangganan via Email