Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Bangsa dan Negara, Pengertian dan Cirinya

Perbedaan bangsa dan negara harus dimengerti oleh setiap warga Indonesia. Selain mencerminkan sifat cinta tanah air, memahaminya juga dapat menambah pengetahuan Anda. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari suku, agama, budaya yang berbeda-beda. Keberagaman tersebut menjadikan Indonesia istimewa.

Perbedaan Bangsa dan Negara

Kedaulatan yang dijunjung tinggi oleh rakyat Indonesia juga harus diimbangi dengan sifat rela berkorban demi nusa dan bangsa. Salah satu bentuk rasa hormat dan peduli terhadap NKRI ialah mengetahui sejarahnya serta paham apa arti bangsa juga negara.

Hal tersebut berlaku tidak hanya untuk kaum terpelajar saja seperti pelajar dan mahasiswa. Namun wajib dipahami oleh seluruh warga indonesia. Hingga mereka bisa menyadari betapa pentingnya memiliki pengetahuan luas terutama mengerti sejarah, seluk beluk dan berbagai pengertian yang menyangkut dengan negara.

Pengertian Bangsa dan Negara

Bangsa dan Negara
netralnews.com
Perbedaan bangsa dan negara pada dasarnya tidak begitu jauh, sebab keduanya saling berhubungan. Agar Anda bisa memahami dengan mudah perbedaannya, maka Anda bisa menyimak pengertiannya. Dimulai dari pengertian bangsa adalah kumpulan sekelompok orang di mana mereka memiliki kedaulatan dan kesamaan secara ideologi, sejarah, budaya, bahasa serta wilayah dan tujuan yang sama untuk bersatu.

Kata bangsa sendiri juga digunakan untuk merujuk pada istilah kelompok berdasarkan ras, budaya maupun agama yang dianut. Hal tersebut dijadikan sebagai pembeda antara satu bangsa dengan bangsa lainnya. Secara garis besar, sekelompok manusia dikatakan satu bangsa jika mereka satu keturunan.

Terbentuknya sebuah bangsa dipengaruhi oleh berbagai unsur mulai dari persamaan sejarah, persamaan etnis, hingga persamaan cita-cita atau ambisi hidup. Sementara itu pengertian negara adalah suatu badan tertinggi dengan kewenangan guna mengatur berbagai hal yang ada kaitannya dengan kepentingan warga negara.

Disatu sisi negara mempunyai kewajiban untuk melindungi, mensejahterakan, juga melindungi seluruh warga atau penduduknya. Ada pula pengertian lain yang disampaikan oleh para ahli. Seperti pendapat John Locke dan Rousseau, menurutnya negara adalah sebuah badan atau organisasi dari kesepakatan perjanjian masyarakat.

Untuk membentuk sebuah negara maka diperlukan unsur-unsur penting yaitu adanya sebuah wilayah, sebagaimana di Indonesia terbagi dalam wilayah Provinsi, Kota, Kabupaten, Desa dan Kelurahan yang menjadi teritorial kedaulatan. Kemudian adanya penduduk dengan tempat tinggal serta kesepakatan untuk saling bersatu. Selanjutnya juga harus ada pemerintah serta kedaulatan yang menjadi kekuasaan tertinggi.

Ciri-Ciri Bangsa dan Negara

Adapun ciri-ciri dari bangsa serta negara yang perlu Anda ketahui. Ciri bangsa diantaranya ialah:
  1. Terdiri dari sekelompok orang dengan misi atau cita-cita sama dan mempunyai keinginan untuk bersatu.
  2. Mempunyai tempat atau wilayah sebagai tempat untuk berkumpul.
  3. Memiliki rasa senasip sepenanggungan hingga termotivasi untuk mandiri.
  4. Menonjolkan identitas seperti suku, agama, ras dan juga budaya khas dan menjadi pembeda dari bangsa lainnya.
  5. Terdapat sistem pemerintahan serta hukum yang mengatur penduduk.
  6. Setiap anggota memiliki rasa nasionalis dan bersatu padu.

Kemudian untuk ciri-ciri negara ialah sebagai berikut:
  1. Negara mempunyai wilayah berdaulat dan diakui keberadaannya secara resmi.
  2. Adanya penduduk atau masyarakat lengkap dengan tempat tinggal, penduduk tersebut bisa pribumi atau orang yang tinggal di Negara tersebut.
  3. Terdapat pemerintahan dengan wewenang untuk mengatur warganya, serta menjalankan kekuasaan juga roda pemerintahan.
  4. Memiliki kedaulatan, yaitu kekuasaan tertinggi sebuah negara di mana memiliki hak untuk membentuk undang-undang serta peraturan lainnya.

Bangsa dan negara menjadi sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Seperti rakyat Indonesia yang berbangsa satu yaitu Indonesia. Mengetahui perbedaan bangsa dan negara maka Anda bisa semakin mencintai Indonesia.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Bangsa dan Negara, Pengertian dan Cirinya"

Berlangganan via Email