Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Perbedaan Cerpen dan Novel Berikut Ciri-Cirinya

Perbedaan cerpen dan novel harus Anda ketahui dengan jelas agar Anda mampu membedakan keduanya.  Terlebih bagi Anda para pelajar ataupun mahasiswa sastra yang sedang mempelajarinya. Cerita pendek maupun novel merupakan bentuk karya sastra yang memuat cerita di dalamnya.

Perbedaan Cerpen dan Novel

Membacanya tentu menjadi kegiatan yang sangat asyik. Kegiatan tersebut bisa menjadi hobi positif yang bisa Anda lakukan. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri lho. Jika karya Anda menarik untuk dibaca maka Anda bisa mengirimkannya kepada tim redaksi.

Agar cerpen tersebut bisa dimuat dimedia masa. Hal ini akan menjadi kebanggaan juga rasa puas tersendiri. Sebab karya Anda bisa dikenal oleh orang lain, ada kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan bayaran dari karya tersebut. Bahkan ada kesempatan untuk mencetaknya dipercetakan kemudian menjualnya.

Pengertian Cerpen dan Novel

Anda bisa mengetahui perbedaan cerpen dan novel dari definisi atau pengertiannya yakni: Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berupa prosa naratif fiktif atau fiksi, di mana cerita di dalamnya berisi tentang gambaran sebuah kisah seorang tokoh.

Selain itu, cerpen juga memiliki konflik lengkap dengan penyelesaiannya yang ditulis secara padat dan ringkas. Secara umum sebuah cerita pendek akan menjabarkan kisah satu tokoh dengan situasi tertentu. Pada kisah tersebut akan ada klimaks atau puncak masalah berikut dengan penyelesaiannya yang biasanya terkandung pesan untuk para pembaca/pendengarnya.

Jika dilihat dari jumlah kata yang dituliskan, cerita pendek hanya mencantumkan sekitar 10.000 kata saja. Sementara pengertian novel adalah bentuk karya sastra berupa prosa naratif panjang dengan cerita tokoh serta orang-orang yang ada disekitarnya, kemudian sifat serta watak tokoh sengaja ditonjolkan.

Novel disusun lebih panjang juga lebih kompleks dari cerpen. Dari segi penokohannya di jelaskan latar belakangnya secara rinci dan bertahap dan terdiri dari banya konflik dan penyelesaiannya. Selain itu karya ini juga mempunyai pesan atau amanah yang akan disampaikan kepada para pembaca. Pesan tersebut bersifat intrinsik di mana penulis menyampaikannya secara tidak langsung.

Ciri-Ciri Cerpen Serta Novel

perbedaan novel dan cerpen
horizonbooks.asia

Selain dari pengertiannya, Anda juga bisa mengetahui perbedaan novel dan cerpen dari ciri-ciri atau karakteristiknya. Untuk ciri-ciri cerpen yaitu sebagai berikut:

  1. Jumlah kata yang digunakan untuk membuat cerita pendek kurang dari 10.000 kata.
  2. Cerpen mempunyai sifat fiksi atau fiktif belaka.
  3. Alur yang digunakan hanya satu atau disebut dengan alur tunggal.
  4. Karya sastra ini ditulis dengan singkat, padat dan tidak terlalu panjang.
  5. Cerpen berisi tentang kejadian sehari-hari atau diangkat dari kisah yang umum dijumpai dikehidupan nyata.
  6. Kata-kata yang digunakan untuk membuat cerita pendek mudah dimengerti oleh para pembaca.
  7. Penokohan pada cerita pendek tidak terlalu rumit justru terkesan sederhana.
  8. Biasanya meninggalkan pesan juga kesan mendalam hingga pembaca ikut merasakan isi yang terkandung pada cerpen.


Sementara untuk ciri-ciri novel bisa Anda kenali dengan lebih jelas dari jenis karya sastra lain, yaitu sebagai berikut:

  1. Secara umum, cerpen memuat 100 halaman dengan jumlah kata yang digunakan lebih dari 35.000 kata.
  2. Cerita tersebut ditulis dengan mengangkat sebuah narasi lengkap dengan deskripsinya dalam rangka menggambarkan situasi yang terjadi di dalamnya.
  3. Novel menggunakan alur yang lebih kompleks serta menyematkan lebih dari satu efek, impresi bahkan emosi.
  4. Waktu yang dibutuhkan untuk membacanya ini berkisar antara 120 menit.
  5. Cerita pada novel sangat panjang dan sering terdapat pengulangan kejadian.

Untuk membangun minta baca bagi usia anak-anak sangat efektif untuk dibacakan atau di berikan buku yang mengandung cerpen. Karena ceritanya ringkas dan padat selain itu juga lebih menarik yang biasanya disertai gambar. Sedangkan untuk yang sudah dewasa bisa keduanya.

Novel dan cerpen merupakan bentuk karya sastra, akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan yang cukup kontras. Bagi Anda yang ingin membuatnya, maka Anda wajib memahami perbedaan cerpen dan novel.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ketahui Perbedaan Cerpen dan Novel Berikut Ciri-Cirinya"