Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet

Mungkin selama ini kita hanya mengenal Internet yang setiap hari kita menggunakannya entah untuk mencari tugas sekolah, bersosial media, aktifitas kerja, jualan online ataupun main game dll... Tahukah anda bahwa ada 2 jenis lagi yang mirip namun memiliki arti dan fungsi yang berbeda yakni, intranet dan ekstranet.

Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet

Baik internet, intranet dan ekstranet memiliki perbedaan yang mendasar, yang akan kita jelaskan diartikel berikut ini.

Pengertian Internet, Intranet dan Ekstranet

Internet adalah singkatan dari (Interconnection-networking) yang artinya sebuah jaringan global yang menghubungkan antar komputer satu dengan lainnya melalui standar sistem global TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol) sehingga kita dapat bertukar data dan berinteraksi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia.

Intranet adalah sistem jaringan komputer pribadi/kelompok yang dibuat untuk dapat saling berinteraksi dan bertukar data antar komputer hanya dalam 1 ruang lingkup. Contohnya biasanya diterapkan oleh perusahaan, kantor, sekolah dll. Dengan kata lain intranet merupakan versi pribadi dari internet.

Ekstranet adalah sama seperti intranet namun memiliki cakupan yang sedikit lebih luas karena sebagian data/informasi dapat diakses oleh orang lain dari luar lingkup. Untuk menciptakan jalur interaksi dan bertukar data dengan lebih aman contohnya seperti antar perusahaan, supplier, vendor, mitra, pelanggan dll.

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini kami jelaskan perbedaan internet, intranet dan ekstranet dalam sebuah tabel yang lebih sederhana.

Internet Intranet Ekstranet
Bersifat umum Bersifat Privat/individu Bersifat Individu dan antar client
Jaringan luas (seluruh dunia) Jaringan pribadi (lokal) Jaringan terbatas antar owner dan client yang bekerjasama
Bisa di akses kapanpun dan dimanapun Hanya bisa di akses dalam ruang lingkup jaringan Hanya bisa diakses dalam ruang lingkup dan antar perusahaan / client
Dapat berinteraksi dan mengakses semua file, data, dokumen, foto, video dll Hanya sebagian file yang dapat diakses Hanya sebagian file yang dapat diakses + client memiliki akses sebagian kecil file yang sudah ditentukan perusahan / organisasi.
Keamanan kurang terjamin Keamanan terjamin Keamanan terjamin sesuai ketentuan yang berlaku

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian dan perbedaan dari internet, intranet dan ekstranet. Semoga bermanfaat.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet"