Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Efektif dan Efisien Menurut Para Ahli Dalam Manajemen

Mungkin bagi yang baru mendengar/ membaca kata efektif dan efisien serasa membingungkan, sebab 2 kata tersebut memang terdengar mirip, namun sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Dalam pelaksanaannya bisa dipadukan, namun pada kenyataannya tidak mudah, hanya efektif saja atau efisien saja.

Perbedaan Efektif dan Efisien
Bedapedia.com

Dalam kehidupan sehari-hari terlebih dalam dunia bisnis, kata efektif dan efisien itu sering digunakan sebagai faktor ukur dari kinerja/ kegiatan yang kita lakukan, apakah efektif ataukah efisien, atau keduanya. Untuk mejawab itu, kita mesti tahu dulu pengertian efektif dan efisien itu. Baiklah berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Efektif dan Efisien

Asal kata efektif dari bahasa inggris yakni effective yang artinya berhasil (hasil terbaik) sesuatu yang dilakukan dengan hasil terbaik. Jadi jika dalam manajemen pengertian efektif adalah suatu usaha/kegiatan/program yang dilakukan dengan baik dan mencapai tujuan yang sesuai harapan.

Sedangkan efisien adalah Suatu usaha/kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mencapai hasil yang maksimal dengan meminimalisir penggunaan sumber daya. Maksud dari sumber daya disini yakni berupa biaya, tenaga dan waktu

Pengertian Efekfif dan Efisien Menurut Para Ahli

  • Wikipedia
Menurut wikipedia efektif bisa juga berarti dalam komunikasi / kalimat yang disusun menggunakan kaidah dan unsur yang seharusnya seperti adanya subjek, predikat dan objek. Selain itu memperhatikan penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) benar dan pemilihan diksi (kata) yang sesuai. Sehingga mudah untuk dipahami oleh para pembaca.

Sedangkan Efisien adalah Konsep penggunaan sumber daya yang ada secara maksimal tanpa menambah sumber daya yang lainnya, sehingga hasil dapat dimaksimalkan.

  • KBBI
Menurut kbbi (kamus besar bahasa Indonesia) Efektif / efek-tif adalah ada efeknya (pengaruhnya, akibatnya, kesannya); mujarab dan manjur (dalam hal obat); mendapatkan hasil yang berguna (tentang usaha).

Sedangkan Efisien /efi-si-en adalah Mengerjakan suatu hal dengan tepat dan sesuai tanpa melakukan pemborosan biaya, waktu dan tenaga; Melaksanakan tugas dengan cermat, tepat dan berdaya guna/tepat guna.

Setelah mengetahui pengertian dari 2 kata diatas, selanjutnya kita simpulkan perbedaan efektif dan efisien dalam sebuah tabel yang lebih sederhana berikut ini.

Pembeda Efektif Efisien
Orientasi Berorientasi pada hasil Berorientasi pada proses dan hasil
Kecepatan Tercepat dalam mencapai hasil
yang maksimal
Menghemat dalam proses dan
maksimal dalam hasil
Waktu Waktu pengerjaan cepat Waktu pengerjaan sedikit lebih lama
Sumber daya Sumber daya yang dikeluarkan
maksimal
Sumber daya yang dikeluarkan sedikit

Contoh Efektif dan Efisien

Selanjutnya admin akan memberikan contoh sederhana dari perbedaan efektif dan efisien yang sebenarnya biasa kita alami sehari-hari;

  • Efektif
Pak Budi pergi ke kantor menggunakan taxi dengen biaya Rp 50.000,- dalam waktu 20 menit. Usaha ini termasuk efektif sebab Pak Budi bisa dengan cepat pergi ke kantor, namun tidak efisien sebab biaya yang dikeluarkan cukup besar

  • Efisien
Pak Budi pergi ke kantor dengan berjalan kaki dalam waktu 1 jam. - Usaha ini termasuk efisien karena Pak Budi bisa menghemat pengeluaran (sumber daya), namun tidak efektif sebab waktu yang dibutuhkan tidak sebentar.

Nah seperti yang sudah admin sebutkan diawal artikel ini, antara efektif dan efisien bisa bertentangan. Namun sebenarnya bisa diusahakan agar tercapai efektif dan efisien sekaligus, bagaimana caranya?

Pak Budi bisa menggunakan moda transportasi yang lebih murah seperti motor, ojol atau jika bisa bangun lebih pagi bisa menggunakan sepeda, selain menghemat pengeluaran juga membuat badan semakin sehat. :D

Demikian semoga bermanfaat.

Referensi:
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Efektif dan Efisien Menurut Para Ahli Dalam Manajemen"