Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Desa dan Kelurahan Berdasar Prinsip Undang - Undang

Apa perbedaan antara desa dan kelurahan? Apa perbedaan lurah dan kepala desa? Apa desa bisa berubah menjadi kelurahan? itulah beberapa pertanyaan yang banyak ditanyakan baik oleh para pelajar, mahasiswa & tidak sedikit pula masyarakat umum yang penasaran dengan hal itu. Baiklah semua pertanyaan itu akan admin jawab di pembahasan kali ini. Pertama kita mesti tahu dulu pengertian dari desa dan kelurahan.

Perbedaan Desa dan Kelurahan

Desa adalah susunan pemerintahan terendah/terkecil yang terbentuk dari beberapa Rukun Warga (RW) dalam konteks otonomi daerah yg dikelola atas adat istiadat & hak asal-usul setempat yang dipimpin oleh Kepala Desa. Sedangkan kelurahan adalah bagian wilayah administratif di Indonesia dibawah Kecamatan yg dikepalai oleh Lurah setempat yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) yg mempunyai batasan wilayah berwenang yang terkait langsung dengan warga sekitar guna mengurus serta mengatur masyarakat setempat.

Desa setingkat dengan Kelurahan yg merupakan unit pemerintahan terkcil. Namun, keduanya berbeda karena kelurahan memiliki batasan dalam mengatur wilayahnya. Perbedaan paling mendasar antara Desa dan Kelurahan yakni terletak pada Jenjang kepemimpinan & manajemen pengelolaan wilayahnya. Dalam perkembangannya, Desa bisa berubah statusnya menjadi kelurahan, & begitu juga sebaliknya.

Singkatnya seperti yang telah admin utarakan diatas, namun ada beberapa poin lagi mengenai perbedaan desa dan kelurahan menurut prinsip undang-undang Negara RI, Selanjutnya untuk Desa akan admin singkat (D) sedangkan untuk kelurahan admin singkat jadi (K) berikut ini penjelasannya;

  • Sebutan Kepemimpinan, Seperti yg sudah admin jelaskan diatas, (D) dipimpin oleh kepala desa (biasa disebut, Pakades) sedangkan (K) dipimpin oleh Lurah. Meski penyebutannya berbeda, namun keduanya masih memiliki kesamaan fungsi.
  • Pemilihan Pemimpin, Untuk (D), proses pengangkatan pemimpinnya dilakukan secara demokratis yakni dipilih oleh warga sekitar melalui pemungutan suara. Berbeda dengan (K), Lurah ditunjuk langsung oleh Bupati atau Walikota.
  • Status Kepegawaian, Untuk kepala (D) bersama staff nya umumnya bekerja secara swadaya. Sedangkan di (K) merupakan PNS yang digaji langsung oleh APBD Kab/kota.
  • Masa Jabatan, untuk kepala (D) karena pengangkatannya berdasarkan demokratis (pemilihan oleh warga) maka masa jabatannya maksimal hanya 2 periode dengan masing-masing 5thn. Sedangkan bagi lurah kepemimpinanya tidak dibatasi
  • Sumber Dana: Bagi (D), sumber dana untuk pembangunannya dari APBN (Anggaran Pendapatan & Belanja Negara). Sedangkan (K) sumber dananya dari APBD (Anggaran Pendapatan & Belanja Daerah).
  • Badan Perwakilan: Untuk mengontrol setiap kebijakan yg dilakukan oleh pemimpinnya, baik di (D) maupun (K), diterapkan sistem badan perwakilan yang berbeda. Untuk badan perwakilan di (D) disebut BPD (Badan Perwakilan Desa). Sedangkan untuk (K) ada DK (Dewan Kelurahan). Masing-masingnya mempunyai anggota perwakil tran RW/dusun.
  • Sosiologi: Untuk (D) umumnya hanya di wilayah pedesaan yg jauh/sulit dari akses transportasi, sarana komunikasi & fasilitas umum yang memmadai, namun baik kepala (D) dan warga memiliki jiwa gotong royong yg sangat kental. Sedangkan (K) sebaliknya dan pembagian wilayahnya berada di sektor sub-urban dan perkotaan.

Jika diringkas dalam sebuah tabel maka akan seperti ini.

Perbedaan Desa Kelurahan
Pemimpin Kepala Desa Lurah
Status Kepegawaian Non-PNS PNS
Pengangkatan Pemimpin Demokratis (Pilkades) Ditunjuk Bupati/Walikota
Masa Jabatan Max 2x Periode Tidak terbatas (bisa hingga pensiun)
Sumber Dana APBN APBD
Badan Perwakilan BPD DK

Nah itulah beberapa perbedaan antara desa dan kelurahan berdasarkan prinsip undang - undang dasar negara republik Indonesia, yang admin kutip dari wikipedia dan beberapa situs terpercaya lainnya. Jadi beberapa pertanyaan diawal artikel ini sudah terjawab semua ya. Semoga bermanfaat, Silahkan share dan jika ada kesalahan mohon dikoreksi. Thanks
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Desa dan Kelurahan Berdasar Prinsip Undang - Undang"