Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Peristiwa Menyublim dan Mengkristal - Penjelasan dan Contohnya

Perbedaan Menyublim dan Mengkristal

Menyublim adalah perubahan wujud zat yang semula dari Padat menjadi Gas. Dalam hal peristiwa ini zat membutuhkan energi kalor (panas). Contoh sederhananya peristiwa perubahan kamper/kapur barus (yang biasa disimpan di lemari pakaian / di suhu ruang ) lama kelamaan akan mengecil (habis).

Mengkristal adalah perubahan wujud zat yang semula Gas menjadi Padat. Dalam hal ini zat melepaskan energi kalor (panas). Contohnya peristiwa perubahan wujud uap yang ada di udara menjadi salju.

Tabel perbedaan menyublim dan mengkristal
Tabel Perbedaan Antara Peristiwa Menyublim dan Mengkristal

Dari tabel diatas dapat kita simpulkan, jika ada pertanyaan " Jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal ? maka Jawabannya adalah:

Menyublim:
  • Padat menjadi Gas
  • Memerlukan energi panas
Mengkristal:
  • Gas menjadi Padat
  • Melepaskan energi panas

Contoh Peristiwa Menyublim dan Mengkristal

Sebenarnya ada banyak contoh peristiwa menyublim dan mengkristal yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, mungkin karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan membuat kita tidak tau mana peristiwa menyublim dan mana peristiwa mengkristal. Oleh sebab itu mari kita simak beberapa contoh dan penyebab terjadinya menyublim dan mengkristal, diantaranya sebagai berikut;

Contoh Peristiwa Menyublim

Berikut ini contoh perubahan wujud dalam peristiwa menyublim yang dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari;
  1. Kapur barus (kamper), ia terbuat dari senyawa Para-dichloro benzena dan Naftalena, yang ketika dibiarkan dalam suhu ruang / tekanan normal maka akan menyublim
  2. Dry ice (es kering), merupakan gas CO2 yang dibekukan hingga menjadi padat, ketika di dibiarkan dalam suhu ruang maka akan menguap. Penggunaan Dry ice ini biasa digunakan salah satunya untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran.
  3. Pewangi ruangan, ini biasa kita jumpai pada toilet atau di dalam mobil, cukup efektif untuk menghilangkan bau, proses perubahan wujudnya sama dari bentuk padat menjadi gas, jika terkena atau dibiarkan dalam suhu ruang 

Contoh Peristiwa Mengkristal

Proses perubahan wujud / zat menjadi kristal disebut kristalisasi, kristalisasi terjadi jika suatu cairan / zat mengalami pendinginan yang ekstrim sehingga molekul tertentu berkumpul dan menjadi padat dan mengeras. itulah disebut kristalisasi.

Dibawah ini contoh perubahan wujud dalam peristiwa mengkristal yang benda dan fenomenanya dapat kita saksikan di kehidupan sehari-hari, diantaranya;  
  1. Madu, Pernah melihat madu dalam sebuah wadah yang bagian dasarnya terlihat seperti butiran-butiran pasir? Yup itulah kristaliasi madu. awalnya lebah hanya mengeluarkan cairan kedalam sarangnya, yang mana didalamnya terkandungan vitamin, air, zat gula dan berbagai enzim lainnya. Jika dibiarkan apalagi dalam suhu dingin molekul gula akan saling terikat dan terjadilah kristalisasi madu.
  2. Salju, salju terbentuk dari susunan partikel uap air yang mengalami pendinginan diudara akibat tekanan udara yang ekstreme, seringkali salju terpecah dan jatuh ke bumi menjadi butiran-butiran ringan. Salju hanya terjadi dinegara dengan iklim subtropis, seperti di eropa, sebagian asia dsb..
  3. Bunga Es, biasa kita temui di sekitari dinding freezer/lemari es, dalam tekanan suhu yang sangat dingin maka akan terbentuk kristal es.
Selanjutnya termasuk apakah peristiwa menyublim dan mengkristal, Perubahan Fisika atau Kimia?

Selamat jika kamu menjawab Perubahan Fisika 👍

Berikut ini penjelasannya;

Perubahan fisika yaitu perubahan suatu zat yang tidak menghasilkan jenis zat baru. Dalam artian, hanya wujud / fisiknya saja yang berubah, namun sifat - sifat zat nya tetap sama.

Sedangkan perubahan kimia yakni perubahan suatu zat yang menghasilkan zat yang baru, dan tentunya sifat-sifatnya pun berbeda dari sebelumnya.

Demikian, semoga bermanfaat.
Bang Zay ✔
Bang Zay ✔ Saya seorang blogger yang mencoba berbagi lewat tulisan agar hidup lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Peristiwa Menyublim dan Mengkristal - Penjelasan dan Contohnya"